Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Warga Lewulun Kabupaten Lembata Minta Pustu Dulitukan Jadi Status Puskesmas 

Reporter : Stefanus Lelang Wayong Editor: Redaksi
Poros NTT News
Keterangan Kondisi Bangunan Pelayanan Kesehatan saat ini. (dok.Stefan)

Lewoleba,Porosnttnews.com Fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif. Maka perlu didukung dengan berbagai sarana dan prasarana penunjang Jumat,3/06/2022.

Di wilayah Lewoulun sisi barat Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata terdapat lima (5) Desa (Dulitukan, Tagawiti, Kolipadan, Palilolon dan Beutaran), kelima Desa ini secara geografis berjarak cukup jauh dari desa-desa lain di kecamatan Ile Ape.

Wilayah Lewulun yang terdiri dari lima Desa tersebut, sejak Lembata masi bergabung dengan Kabupaten Flores Timur, dari aspek kesehatan mereka dilayani oleh empat Polindes masing-masing Desa, satu Pustu yang terletak di Desa Dulitukan dengan segala kekurangan fasilitasnya yang bertahan hingga saat ini.

Kesempatan ini, tokoh Intelektual Lewoulun Juprians Lamabelawa angkat bicara, atas minimnya fasilitas kesehatan di lima Desa yang terletak disisi barat Kecamatan Ile Ape saat ini.

Juprian Lamabelawa pemuda yang kesehariannya  sebagai pengacara ini, mengutarakan harapannya kepada Bapak Pj. Bupati dan Pak Sekda, bisa langsung meninjau pustu Dulitukan agar bisa melihat sendiri, apakah dengan kondisi fasilitas di sana bisa menjamin pelayanan kesahetan rayat dengan maksimal atau tidak.

Baca Juga :  Menekan Peningkatan Kasus DBD, Utamakan Kebersihan Lingkungan

“Kita berharap Pak Pj. Bupati dan Pak Sekda bisa turun melihat sendiri, lalu memprioritaskan Pustu Dulitukan untuk dinaikan statusnya dari Puskesmas Pembantu menjadi Puskesmas dalam tahun 2022 ini,” Pinta mantan Aktivis  GMNI tersebut.

Jika sudah berstatus Puskesmas maka tentu segala fasilitas penunjang akan mengikuti, ke depan Dokter sudah bisa ada di Lewoulun, tenaga medis semakin banyak di Lewoulun.