Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Harapan Pada Penjabat Bupati Lembata

Editor: Redaksi
Poros NTT News
Gambar ist. Drs. Marsianus Jawa, M.Si penjabat Bupati Lembata.

Yogyakarta,Porosnttnews.com- Penjabat Bupati Lembata Marsianus Djawa untuk pertama kalinya menapakkan kakinya di bumi Lembata Pada hari Selasa  24 Mei 2022, setelah ia dilantik pada tanggal 22 Mei 2022, di Kupang- NTT.

Akhirnya, sampailah rencana pada waktunya, Lembata mendapatkan penetapan seorang penjabat bupati melalui pengangkatan. Sebelumnya, penjabat ini adalah Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi NTT.

Penjabat Bupati Lembata Marsianus Djawa bukan putra Lembata, ia berasal dari kabupaten Nagakeo, Flores. la lahir di Pau-Ngada, 7 Agustus 1965, menyandang pendidikan S-2 Administrasi Publik dari Undana Kupang.

Penjabat Bupati Marsianus Djawa adalah salah satu penjabat  dari 101 kepala daerah yang jabatannya berakhir pada tahun 2022.

Berdasarkan UU Nomor 10/2016  mengatur kekosongan jabatan kepala daerah melalui proses pengangkatan, bukan melalui pilkada.

Bupati adalah kepala daerah, sedangkan penjabat bupati adalah untuk melanjutkan kepemimpinan kepala daerah sebagai penjabat bupati/kepala daerah.

Masa jabatan penjabat bupati Lembata adalah sampai dengan tahun 2024, berarti selama lebih dari dua setengah tahun, setelah pilkada pada 27 November 2024, kecuali masa jabatan itu ada evaluasi pergantian setelah satu tahun menjabat.

Baca Juga :  Mikhael Sedu Apresiasi Kompaknya Warga Ilepati Hadapi Bencana Longsor

Durasi masa jabatan penjabat bupati yang terbilang sangat panjang itu, apa saja yang dapat diharapkan dari sosok Marsianus Djawa dalam memimpin pemkab Lembata?

Tentu, ada banyak agenda yang harus dikerjakannya. Antara lain, ia wajib melaksanakan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Lembata 2023-2026 yang telah disusun oleh Pemkab Lembata. RPD adalah menggantikan RPJPD dalam kondisi normal.

Ada skala prioritas dalam RPD antara lain: Membuat Lembata memiliki ketahanan ekonomi, penguatan sektor koperasi, UMKM, dan sektor pariwisata. Mewujudkan Lembata tangguh bencana dengan program isu perubahan iklim. Juga masuk dalam OPD adalah isu ketahanan pangan, penyakit menular, pemberdayaan perempuan, pembangunan inklusif, dan PMKS disabilitas.

Memang sangat diharapkan, bapak Marsianus Djawa dapat memaksimalkan kinerjanya selama menjabat sebagai penjabat bupati Lembata.