Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Harapan Pada Penjabat Bupati Lembata

Editor: Redaksi
Poros NTT News
Gambar ist. Drs. Marsianus Jawa, M.Si penjabat Bupati Lembata.

Ekspektasi masyarakat agar ia dapat meneruskan estafet kepemimpinan dengan baik, dan berupaya menjaga konsistensi program dan kegiatan agar tetap berjalan sesuai dengan koridor. Sedapat mungkin ia melanjutkan kebijakan sebelumnya, supaya sistem yang sudah  berjalan tidak terganggu.

Pada hakikatnya, penjabat bupati itu menjalankan apa yang sudah dituangkan dalam rencana kerja pemerintah daerah. Juga menjalankan ragam kebijakan pemerintahan baik internal maupun terkait kebijakan publik.

Dalam beberapa waktu ke depan, akan ada banyak tantangan yang menuntut kerja keras Pemkab Lembata. Salah satunya adalah persiapan pemilu tahun 2024.

Di sisi lain, dengan melonggarnya aturan tentang protokol kesehatan menjadi peluang yang dapat  dimanfaatkan untuk memulihkan perekonomian. Diantaranya, agar mendorong sektor  pariwisata dan sektor perikanan merupakan potensi signifikan kabupaten Lembata.

Salah satu faktor yang perlu mendapatkan perhatian oleh  penjabat bupati adalah, jadikan nilai-nilai adat dan budaya serta nilai-nilai agama sebagai nilai dasar membangun Lembata.

Pendekatan melalui nilai-nilai budaya dan nilai-nilai agama, masa depan masyarakat Lembata dibangun dengan lebih humanis.Dan strategi budaya dapat pula diterapkan melalui reformasi birokrasi.

Baca Juga :  Deklarasi Ribuan Anggota GMC dari Ujung Flores Daratan Punya Daya Tarik Luar Biasa Terhadap Ganjar Pranowo

Walaupun dari perspektif  kemampuan keahlian dan empiris yang dimiliki penjabat bupati dalam hal menguasai kebijakan publik, namun hendaknya terbuka terhadap sumbangsih pemikiran dari  lembaga terkait, tokoh masyarakat, dan juga dari  mantan Bupati Dr.Thonas Ola Langoday sesuai dengan kapasitasnya untuk memajukan Lembata.

Masyarakat Lembata tentu sangat mengharapkan pula penjabat bupati Lembata dengan dukungan semua perangkat daerah, dapat segera melaksanakan tugas segenap kemampuannya untuk menyukseskan agenda-agenda daerah yang sangat penting selama masa jabatannya.

Dengan demikian, kita optimis kabupaten Lembata semoga semakin baik dan terus membaik.

Selamat memimpin Lembata dan selamat bekerja  bapak Marsianus Djawa. Salam sukses selalu.**

Oleh: H.Nasrullah Krisnam.