Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Indonesia sebagai Tuan Rumah Buka Jalan bagi Kepentingan Negara Asia

Poros NTT News

Bali,PRS – Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, kembali menegaskan peran besar Asian-African Legal Consultative Organization (AALCO) dalam mendukung dan menyuarakan kepentingan negara-negara di kawasan Asia-Afrika.

Pernyataan ini disampaikan oleh Wapres Ma’ruf Amin pada kegiatan the 61st Annual Session of AALCO yang berlangsung di Bali pada Senin, 16 Oktober 2023.

Poros NTT News

Dalam sambutannya, Wapres Ma’ruf Amin mengungkapkan pentingnya AALCO sebagai wadah penggerak untuk memperjuangkan suara bangsa Asia dan Afrika di tingkat global.

“Suara bangsa Asia dan Afrika merupakan elemen penting dalam pembentukan arsitektur hukum internasional. AALCO harus mampu menjadi mitra sejajar dengan organisasi regional dan global lain serta memiliki posisi tawar yang kuat,” ujarnya.

AALCO, yang berakar dari semangat bahwa tata politik dan hukum internasional harus mencerminkan pandangan serta kepentingan bangsa Asia dan Afrika, juga memiliki peran dalam menangani isu-isu penting.

Contohnya, negara-negara Asia dan Afrika sering menjadi korban kejahatan transnasional, seperti illegal fishing dan wildlife crime.

Selain itu, mereka juga menghadapi kompleksitas dalam pengembalian aset hasil kejahatan transnasional yang dilarikan ke luar negeri.

Baca Juga :  Peluang Emas !! Ada 21 Posisi MT di Lowongan Kerja BUMN PT KAI Sesuai Jurusan Putra-Putri Indonesia