Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Jembatan Pancasila Palmerah dan PLTAL Larantuka Dapat Dukungan Penuh dari KSP dan Pemerintah Pusat

Poros NTT News

PRS – Rencana pembangunan Jembatan Pancasila Palmerah dan Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut (PLTAL) Larantuka di Nusa Tenggara Timur (NTT) mendapatkan dukungan penuh dari Kantor Staf Presiden (KSP) dan Pemerintah Pusat.

Hal ini disampaikan dalam rapat yang dipimpin oleh Deputy 1 Kepala Staf Presiden, FEBRY CALVIN TETELEPTA, di Ruang Rapat Utama Gedung Bina Graha Kantor Staf Presiden pada hari Selasa, 26 Maret 2024.

Poros NTT News

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh berbagai pihak terkait seperti Kementerian PUPR, Kementerian ESDM, PT. PLN, PT.Tidal Bridge Indonesia, membahas mengenai rencana pembangunan PLTAL Larantuka dan jembatan.

Deputy FEBRY C. TETELEPTA menjelaskan bahwa proyek PLTAL Larantuka sudah menjadi perhatian sejak lama, namun mengalami kendala dalam realisasinya.

Namun, dengan adanya komitmen dari berbagai pihak dan kerja sama antarnegara, proyek ini kembali mendapat perhatian dalam RUPTL 2024-2033.

Tidal Bridge Indonesia, sebagai pelaksana proyek, menyatakan bahwa teknologi arus laut telah terbukti efektif dan ramah lingkungan, serta memiliki potensi besar di Indonesia, terutama di selat sempit Larantuka.

Baca Juga :  Kondisi Ekonomi Dunia Tahun 2022 Sangat Menantang Dan Kompleks

Rencana pembangunan jembatan ini juga mempertimbangkan aspek lingkungan, dengan AMDAL dan ESIA yang sudah dilakukan dan menyimpulkan bahwa proyek ini layak dibangun.

Selain itu, biaya pembangunan akan ditanggung oleh Bank Pembangunan Belanda dalam bentuk pinjaman lunak.