Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Kondisi Bangunan SDK di Perbatasan RI-Timor Leste Butuh Sentuhan Pemerintah

Reporter : David Neno Naisali Editor: Redaksi
Poros NTT News

Kefamenanu,Porosnttnews.com- Salah satu Sekolah Dasar Katolik yaitu SDK Haumeni, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten TTU, merupakan salah satu sekolah yang terletak di wilayah perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Republik Demokratik Timor Leste (RI-RDTL), Distric Oeccuse.

Susuai Data yang diperoleh pada hari Minggu (5/6) sekolah ini didirikan pada tahun 1910, sekarang dengan kondisi  bangunan sekolah tersebut sangat rusak yang berlokasi di Oeapot dibawah naungan Yayasan Persekolahan Snuna ( Yaperna ) salah satu Yayasan Katolik di TTU, milik Uskup Atambua.

Poros NTT News
Kondisi  bangunan sekolah saat ini sangat rusak yang berlokasi di Oeapot

Pada hal, setelah kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945 SDK Haumeni kemudian diberi ijin operasional untuk melaksanakan aktivitas KBM, sejak tahun 1952.

Di Bisele Pater Anton Frey,SVD mengadakan pertemuan dengan beberapa tokoh adat dan tokoh pemerintah desa, sehingga terjadi kesepakatan yaitu SDK Haumeni kemudian mulai dibangun di Bisele dengan anggaran berasal dari Pater Anton Frey, SVD yaitu pada tahun 1990 dan selesai pada awal tahun 1991 yang terdiri 6 ruang kelas, sebuah ruang guru dan satu unit kamar mandi dan wc resmi digunakan.

Baca Juga :  Kapolda NTT: Sebagai Pelajar Fokus Pada Tujuan

Delapan tahun setelah dibangun tepatnya pada 1999,sekolah tersebut ditinggal sang misionaris Pater Anton Frey, SVD sekolah ini selalu luput dari perhatian Pemerintah, sehingga tidak ada perbaikan bangunan gedung sekolah tersebut dan kondisi fisiknya nya sangat memprihatikan, sehingga tidak layak lagi untuk digunakan dalam Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM ).

Sesuai pantauan media, seluruh bagian bangunan,baik temboknya yang sudah retak, maupun atap seng nya sudah pada berlubang semua,sehingga pada saat musim hujan KBM lumpuh semua.