Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Simbol Perjuangan dan Harapan, Alat Transportasi Ramah Lingkungan Khas Congo

Poros NTT News
République Démocratique du Congo, terdapat satu alat transportasi yang sangat unik.

Congo,PRS  – Di jantung kota Goma, Provinsi Kivu Utara di République Démocratique du Congo, terdapat satu alat transportasi yang sangat unik, dikenal dengan sebutan Chukudu.

Chukudu adalah alat transportasi berbentuk seperti scooter yang telah menjadi fenomena lokal.

Poros NTT News

Dalam berita ini Minggu,15 oktober 2023, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang Chukudu, alat transportasi yang ramah lingkungan ini, yang menjadi simbol kegigihan dan kreativitas masyarakat Congo.

Chukudu: Alat Transportasi Unik Congo

Chukudu, sejenis scooter yang dibuat dari kayu, adalah alat transportasi yang unik dan sangat digemari oleh masyarakat Goma. Meskipun tampak sederhana, Chukudu mampu mengangkut barang dengan berat maksimal hingga 800 kg.

Salah satu keunggulan utama Chukudu adalah biayanya yang rendah. Alat ini tidak memerlukan bahan bakar, dan perawatan relatif mudah karena komponennya dibuat dari kayu yang tahan banting.

Kreativitas dalam Pembuatan Chukudu

Proses pembuatan Chukudu melibatkan para tukang yang mahir dalam mengubah kayu keras menjadi alat transportasi yang kuat.

Kayu Mumbwa, yang tahan banting, digunakan untuk membuat roda Chukudu. Roda ini dilapisi dengan kulit roda bekas motor, menciptakan kombinasi yang kuat dan andal.

Baca Juga :  Peluang Emas Kembali Hadir,PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Buka Lowongan Kerja

Meskipun terkesan sederhana, kreativitas dalam pembuatan Chukudu adalah bukti nyata kemampuan masyarakat setempat dalam mengatasi kondisi ekonomi yang sulit.

Solusi Ekonomis di Tengah Kemiskinan

République Démocratique du Congo termasuk salah satu negara termiskin di dunia. Dalam konteks ini, Chukudu menjadi solusi ekonomis yang sangat berguna.