Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Marianus Minggo Tampil Jadi Ketua Panitia Pesta Pernikahan, Peminangan Adat Sikka

Poros NTT News

Kupang,PRS– Lasiana, Kota Kupang – Keluarga Sikka gembira menyambut momen bahagia ketika Bapak Gaudensius Djuang, seorang warga dari Lasiana, Kota Kupang, melangsungkan peminangan anak putrinya.

Acara peminangan ini dengan calon pendamping hidup yang berbahagia berasal dari Malaka, sebuah daerah dengan kaya budaya dan tradisi.

Tampak dalam acara peminangan itu, sungguh nuansa budaya adat Sikka terkesan sangat menonjol.

Demikian disampaikan Ketua Panitia Marianus Minggo, kepada media pada Rabu,(26/7) di Kota Kupang.

“Acara peminangan Ries Djuang putri dari bapak Gaudensius Djuang dan Ibu Dolorata Djuang da Lopez dengan Nestro Berek seorang Putra Kabupaten Malaka bernuansa adat Sikka sudah direncanakan oleh keluarga dan panitia.

Adat Sikka yang mau diangkat tidak hanya dalam nilai ketentuan Maskawin ya, tapi prosesinya kami sepakat dikemas dalam adat Sikka,” ungkap Marianus Minggo.

Marianus Minggo juga mengatakan, mengapa mereka harus menampilkan suasananya seperti ini.

Hal tersebut oleh Marianus Minggo sebagai bentuk memperkenalkan tentang budaya Sikka-Lela kepada tamu undangan dan membangunkan kembali ingatan bagi keluarga dari kebupaten SIKKA yang sudah lama tinggal di Kota Kupang baik untuk orang tua maupun anak cucu supaya kenal sumber asal usulnya.

Baca Juga :  Mahasiswa Juliet Nostra Dasilva Alami Gigitan Anjing 

“Sejak semula dalam rapat panitia kami mengikuti apa yang dikehendaki orangtua anak perempuan yang akan dipinang keluarga dari Malaka. Kehendak orangtua anak Ries Djuang juga didukung keras oleh Om Kandungnya Yoseph Klemens yang berkedudukan dalam adat Sikka sebagai Ina-Ama bersama saudaranya lain dari Sikka-Flores,”tutur Marianus Minggo.