Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Opini  

Kesehatan Bukanlah Segalanya, Namun Tanpa Kesehatan Segalanya Tidak Berarti

Editor: Redaksi
Poros NTT News
Keterangan foto Desy K. Anaamah Mahasiswa S1 Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya.

Surabaya,Porosnttnews.com Saat ini, Indonesia merupakan salah satu Negara dengan kepadatan jumlah penduduk tinggi. Di dunia, Indonesia menempati urutan keempat sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak.

Mari kita teliti berdasarkan Worldometer merilis data jumlah penduduk Indonesia hingga 25 April 2022 adalah 278.752.361 jiwa. Data ini, didasarkan pada elaborasi Worldometer dari data terbaru.

Poros NTT News

Perserikatan Bangsa-bangsa atau PBB. Jumlah penduduk Indonesia merupakan 3,51 persen dari total penduduk dunia.

Tentu representasi pelayanan kesehatan yang tidak merata di seluruh pelosok Nusantara yang menjadikan reputasi pelayanan kesehatan di negeri ini dinilai buruk di mata masyarakat ekonomi kelas bawah.

Mengacu pada Undang – Undang  nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan, hingga sehat boleh didefinisikan sebagai suatu keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Kini kemajuan dan keberhasilan pelayanan kesehatan dan bahkan pendidikan di Indonesia hanya bisa dilihat didaerah perkotaan saja.

Segala fasilitas tersedia dengan lengkap, tinggal memilih saja sesuai dengan tebalnya dompet disaku celana.

Baca Juga :  Kunjungi Kepala Negara Pada Perayaan Natal Sebagai Hadiah Istimewa Bagi Umat Kristiani

Sementara bagaimana dengan daerah terluar, terpencil, tertinggal yang notabene masih masuk wilayah Indonesia juga? Mungkin para anak muda, orang dewasa maupun orang tua diluar sana bisa membantu menjawab dan mengikis sedikit demi sedikit dari permasalahan yang timbul selama ini.

“Memang benar kesehatan bukanlah segalanya, namun tanpa kesehatan segalanya tidak berarti. Kesehatan merupakan hal urgent bagi  seluruh manusia di muka bumi ini.”

Melakukan tindakan pencegahan (preventif)  bagi  masyarakat agar terhindar dari ancaman penyakit adalah tanggung jawab semua orang, terlebih lagi bagi saya seorang tenaga kesehatan.

Banyak masyarakat diluar sana yang lebih memilih solusi kesehatannya melalui pengobatan (kuratif).