Daerah  

PJ Bupati Flotim Launching Festival Bale Nagi 2023

Reporter : Elton Nggiri
Poros NTT News

Lebih lanjut Pj Bupati juga menjelaskan bahwa Tema pada festival Bale Nagi 2023 kali ini bertujuan untuk memberikan semangat kepada seluruh masyarakat yang saat ini ada di flotim maupun ditahah rantau untuk bergandengan tangan membangun flores timur lebih baik lagi kedepannya.

“‘Tema pada festival bale nagi tahu ini adala ‘Kita Lamaholot, Engko Lamaholot, Tora Hatu Lamaholot,’. Kata-kata ini merupakan kata ajakan kepada seluruh komponen masyarakat untuk bergandengan tangan membangun Flores Timur yang ada diatas bumi Lamaholot menjadi lebih baik lagi kedepanya dengan cara kita masing masing,” jelasnya.

Sementara Raja Larantuka Don Andre Martinus yang turut hadir pada saat itu mengatakan bahwa Festival Bale nagi merupakan budaya yang sudah ada sejak lama kabupaten flores timur atau bumi lamaholot dan harus terus dijaga dari generasi ke generasi di bumi lamaholot.

Menurutnya kata Bale Nagi sendiri merupakan seruan atau ajakan kepada para perantau untuk kembali flores timur kembali gelekat, gewayan lewotanah dalam moment semana santa.

Baca Juga :  Penjabat Wali Kota Kupang Ajukan Permohonan Dukungan ke Konsulat Jenderal RRT Bali