Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Debit Air  Kecil  “Mahasiswa KKN-MM UNIPA Bersama Warga Detubinga Lakukan  Penamaman Bambu di Mata Air   

Reporter : Stefend Editor: Tim Redaksi
Poros NTT News

Maumere,Porosnttnews.com Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mahasiwa Mandiri (KKN-MM) Universitas Nusa Nipa Indonesia melaksanakan program reboisasi di sekitar mata air dengan Tanaman berupa  bibit bambu bersama masyarakat Desa Detubinga, Kecamatan Tanawawo, Kabupaten Sikka, Sabtu (2/07/2022).

Bibit bambu yang berjumlah kurang lebih 1000 pohon ini, didistribusikan ke semua dusun, di desa detubinga untuk di tanami dilahan warga yang membutuhkan. Bambu dipilih untuk ditanam di sekitaran mata air karena kemampuannya untuk mengikat air dengan jumlah lebih banyak.

Kanisius Kani ketua kelompok KKN-MM UNIPA Indonesia desa detubinga ketika di hubungi media menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk menanggulangi krisis air di desa detubinga. Sumber air ada, debit air kecil, sehingga tidak mampu memenuhi seluruh kebutuhan air masyarakat di desa.

Beberapa rumah tidak dapat mengakses air yang ada karena air tidak mampu mengalir samapai ke beberapa rumah karena debit air kecil. Sehingga dengan penanaman bambu ini bisa mengikat air lebih banyak, dan meningkatkan debit air, sehingga semua masyarakat desa menikmatinya.

Baca Juga :  Berikut Ini Harapan Perwakilan Ombudsman NTT di Hari Bhakti Imigrasi ke-74 

Lanjutnya, Kani yang juga Putra asli desa detubinga, mengucapkan terimakasih kepada Bupati Sikka, yang sudah mau bekerja sama dengan kami, menyumbangkan bibit bambu melalui mahasiswa KKN – MM Unipa Indonesia.