Menjadi Guru Yang Dirindukan

Poros NTT News
Thomas Krispianus Swalar.

Selalu memberikan perhatian terhadap siswa yang bermasalah adalah salah satu jalan agar siswa yang bersangkutan merasa bahwa dirinya diperhatikan.

Secara rutin mengikuti perkembangan siswa- siswa yang demikian suatu saat akan ada perubahan besar dalam diri siswa yang bersangkutan.

Selain beberapa hal tersebut di atas, dapat juga dilakukan oleh seorang guru ketika berada di dalam kelas, berikan pertanyaan kepada siswa yang bermasalah dan berikan pujian kepadanya atas jawaban yang di berikan. Siswa akan merasa bahwa dia juga diperhatikan dan diperlakukan sama seperti siswa yang lainnya.

Untuk bisa mencapai tujuan yang diharapkan, tentu membutuhkan tenaga, waktu dan pengorbanan yang super.

Dan itulah kerja seorang guru yang profesional dan berhati mulia.

Jika beberapa hal tersebut di atas, bisa dilaksanakan oleh seorang guru dengan hati yang ikhlas dan penuh cinta, niscaya semua siswa akan selalu dan senantiasa merindukan kehadiran sosok guru tersebut.

Dengan adanya kurikulum merdeka belajar yang sedang dilaksanakan di sekolah- sekolah, keadaan berbanding terbalik,kalau dulu faktor penilaian utama adalah faktor kognitif atau faktor pengetahuan siswa, yang menjadi fokus utama perhatian kurikulum merdeka belajar adalah faktor karakter peserta didik.

Baca Juga :  Keren, Siswa SMPN1 Larantuka Gelar Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis Secara Demokrasi

Jika watak dan karakter peserta didik sudah terbentuk secara baik, dengan sendirinya faktor pengetahuan juga akan meningkat.