Menjadi Guru Yang Dirindukan

Poros NTT News
Thomas Krispianus Swalar.

Banyak hal yang menjadi sebuah keharusan yang di lakukan oleh seorang guru untuk membantu siswa memahami, menemukan jati dirinya sebagai pribadi yang di perhatikan.

Faktor psikologis siswa menjadi hal utama yang harus diperhatikan dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Apabila hal ini tidak diperhatikan, niscaya sebagus apapun metode yang diterapkan oleh seorang guru tidak dapat menghasilkan sesuatu yang baik bagi siswa. Siswa memerlukan dampingan, tuntunan dalam menemukan jati dirinya.

Seorang guru adalah pribadi yang super sabar. Menjadi seorang guru yang super sabar adalah hal tersulit yang bisa dilakukan. Mengapa demikian, karena watak,sikap,tingkah laku setiap siswa berbeda-beda. Mampukah kita menjadi seorang yang super sabar?

Inilah tantangan yang harus bisa dilakukan oleh seorang guru. Apalagi jika siswa tidak bisa di atur oleh orang tuanya di rumah.

Mau menjadi apakah siswa ini apabila guru juga harus angkat tangan dengan sikap dan perilaku siswa yang bersangkutan? Menjadi orang tua di sekolah.

Seorang guru harus menempatkan dirinya sebagai orang tua di sekolah.

Baca Juga :  Seputar Thomas Krispianus Swalar: Guru Penulis yang Berdedikasi untuk Literasi

Bisa memahami watak dan karakter setiap siswa adalah tugas seorang guru. Bisa jadi seorang guru dikatakan sebagai dokter yang mampu menangani beragam watak dan karakter setiap siswa.

Seorang guru harus mampu bekerja sama dengan orang tua siswa agar dapat menemukan solusi yang tepat bagi siswa yang bermasalah.