Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Menjelang HUT RI Ke 77, Masyarakat Omesuri di Lembata Ikut Karnaval Laut

Reporter : Teddi Editor: Tim Redaksi
Poros NTT News

Lembata,Porosnttnews.com– Semua masyarakat di Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar karnaval laut.

Pagelaran karnaval ini dilakukan dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 77.

Disaksikan media pada Senin (15/8) pagi, puluhan perahu motor milik warga pesisir kecamatan Omesuri sejak pukul 08.00 Wita berlabuh disepanjang perairan laut Desa Wailolong.

Semua perahu motor berbendera merah putih dihiasi pernak pernik khas 17 Agustus. Warga pesisir Omesuri dan para nelayan juga ikut dalam karnaval laut tersebut.

Menggunakan perahu motor, mereka ramai-ramai berlayar menuju pelabuhan laut Balauring sebagai titik finis pawai karnaval itu.

Ade Hasan Yusuf, Camat Omesuri kepada wartawan, Senin (15/8) mengatakan, selain bertujuan memeriahkan HUT RI ke 77 namun, karnaval itu bertujuan menumbuhkan semangat nasionalisme masyarakat.

Untuk pertama kalinya kata Ade Hasan, karnaval itu diselenggarakan di laut. Semangat partisipasi masyarakat pesisir juga dinilai sangat luar biasa.

Orang tua, dan remaja serta anak-anak tidak ketinggalan. Semuanya berbaur dan mengikuti dengan antusias momentum unik ini.

Baca Juga :  Diskusi Online Komunitas TISI: Persiapan Antologi Puisi "Bahasa Ibu, Bahasa Darahku"

“Biasanya karnaval dilakukan di jalan umum, namun kami coba dengan di laut, ternyata partisipasi masyarakat sangat luar biasa,” katanya ketika ditemui wartawan di pelabuhan Balauring.

Sebelum karnaval berlangsung, sebutnya, masyarakat pesisir Omesuri bersama pemerintah kecamatan, TNI dan Polri menggelar aksi penanaman mangrove.