Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Tradisi Devosi Bulan Mei dan Oktober dalam Agama Katolik

Poros NTT News
Tradisi yang paling dikenal adalah pengabdian kepada Bunda Maria, yang memiliki bulan-bulan khusus yang didedikasikan untuk menghormati peran dan kasih sayangnya.

Bulan Oktober menjadi bulan Rosario dalam tradisi Katolik. Pilihan ini terkait dengan peristiwa penting pada tahun 1571, ketika terjadi pertempuran di Lepanto. Saat itu, negara-negara Eropa berhadapan dengan serangan dari Kerajaan Ottoman yang mengancam agama Kristen.

Ancaman punahnya agama Kristen di Eropa terasa sangat nyata, mengingat pasukan Turki jauh melampaui pasukan Kristen di Spanyol, Genoa, dan Venesia.

Dalam situasi genting ini, Don Juan dari Austria, komandan armada Katolik, berdoa rosario memohon pertolongan Bunda Maria.

Umat Katolik di seluruh Eropa juga berdoa rosario untuk memohon bantuan Bunda Maria.

Pada tanggal 7 Oktober 1571, Paus Pius V bersama umat beriman berdoa rosario di Basilika Santa Maria Maggiore sepanjang hari.

Meskipun tampak mustahil, pasukan Katolik akhirnya memenangkan pertempuran pada tanggal 7 Oktober.

Paus Pius V kemudian menetapkan peringatan Rosario dalam Misa di Vatikan setiap tanggal 7 Oktober. Penerusnya, Paus Gregorius XIII, bahkan mengukuhkan tanggal tersebut sebagai Hari Raya Rosario Suci.

Inilah sejarah singkat mengenai mengapa bulan Mei dan Oktober menjadi bulan khusus dalam devosi kepada Bunda Maria dalam agama Katolik.

Baca Juga :  Kematian Romo Gusti Iri, Agus Payong Boli Sebut Romo Bercita-Cita Jadi Pengacara Gereja

Bunda Maria dihormati sebagai penyertaan penting dalam karya keselamatan Kristus dan sebagai pelindung Gereja sampai akhir jaman.

Sumber: katolisitas.org

Catatan Redaksi

Dengan adanya devosi bulan Mei dan Oktober, umat Katolik memiliki waktu yang spesial untuk merenungkan peran Bunda Maria dalam iman mereka dan berdoa dengan penuh kasih kepada Sang Ratu Surga. Tradisi ini memperkuat ikatan umat Katolik dengan Bunda Maria dan memperingati momen-momen penting dalam sejarah Gereja Katolik.