Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Opini  

Tenun Ikat dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Dunia Modern

Reporter : Thomas Krispianus Swalar
Poros NTT News

Semua serba instant, mereka tidak lagi membutuhkan waktu berhari-hari, berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk memenuhi keinginannya.

Hal yang mereka inginkan harusnya terjawab saat itu,dan tidak membutuhkan waktu yang lama, maka jadilah generasi sekarang ini generasi instant.

Dunia boleh berubah dan perkembangan ilmu pengetahuan boleh begitu canggih tetapi ada satu yang membedakan dan itulah yang menjadi ciri khas kedaerahan kita yang perlu terus kita kembangkan dan kita wariskan kepada generasi yang akan datang yakni mencintai budaya tenun ikat daerah kita sendiri.

Apalagi saat ini pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten juga telah menetapkan hari khusus untuk mengenakan pakaian khas daerah masing-masing, seperti sarung dan selendang.

Coba kita perhatikan selendang khas daerah kita, orang yang berada diluar NTT begitu mengagumi warna khas daerah kita, mengapa kita sebagai orang NTT sendiri tudak mencintai budaya daerah kita sendiri.

Pertanyaan reflektif ini menjadi tugas dan tanggung jawab kita semua sebagai generasi penerus untuk tetap mencintai budaya kita sendiri.

Baca Juga :  Pater Nus; Satu Perjalanan, Satu Refleksi Congo-Afrika