Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Opini  

Tenun Ikat dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Dunia Modern

Reporter : Thomas Krispianus Swalar
Poros NTT News

Menurut Kompas -Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki kain tradisional yaitu tenun. Pembuatan kain tenun NTT dikembangkan oleh setiap suku di NTT secara turun temurun.

Kain tenun NTT dipandang sebagai benda berharga milik keluarga yang bernilai tinggi. Proses pembuatan kain tenun NTT diawali dengan pemintalan kapas menjadi benang dan diikat. Kemudian benang dicelupkan dalam pewarna.

Tenun adalah hasil kerajinan yang berupa bahan ( kain ) yang dibuat dari benang (kapas,sutra dan sebagainya ) dengan cara memasuk-masukan pakan secara melintang pada lungsin (alat,perkakas) ( Kbbi Online) Ikat  adalah salah satu teknik bertenun seperti terdapat di Nusa Tenggara.(Kbbi Online). Gambaran Umum Proses Tenun Ikat

Pada bab ini penulis akan menjelaskan secara singkat proses tenun ikat di mulai dari penanaman hingga pada hasil yakni tenun ikat. Proses penanaman Pada tahap ini biji kapas (bibit) di siapkan untuk di tanam.

Pada masyarakat lereng Labalekan cara menanam kapas dilakukan dengan cara biji kapas di hamburkan ( dibuang saja ) pada lahan yang sudah disiapkan.

Baca Juga :  Idul Fitri Bersama Bunda Maria