Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

RSUD Kefamenanu Terapkan Pelayanan Bagi Pasien Sesuai SOP

Poros NTT News
dr. Zakarias E. Fernandes, MPH Direktur RSUD Kefamenanu

TTU, PRS – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kefamenanu di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) terus menunjukkan komitmen dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan Standar Operasional Prosedural (SOP).

Hal ini diungkapkan oleh Direktur RSUD Kefamenanu, dr. Zakarias E. Fernandes, MPH, saat ditemui oleh media Poros NTT di ruang kerjanya pada hari Rabu, 16 Agustus 2023.

Dalam pertemuan tersebut, dr. Zakarias E. Fernandes menyampaikan bahwa RSUD Kefamenanu senantiasa memberikan pelayanan yang optimal kepada setiap pasien, baik yang menjalani perawatan rawat inap maupun rawat jalan.

Meskipun terjadi peningkatan jumlah pasien dalam beberapa minggu terakhir bulan Agustus ini, RSUD tetap menjalankan pelayanan dengan baik dan mengikuti SOP yang telah ditetapkan.

“Dalam menghadapi lonjakan pasien, kami di RSUD Kefamenanu berusaha tetap memberikan pelayanan terbaik sesuai SOP sehingga pasien kami bisa pulih dan kembali ke lingkungan mereka,” ungkap dr. Zakarias E. Fernandes.

Lebih lanjut, dr. Zakarias E. Fernandes juga mengungkapkan tentang program layanan Universal Health Coverage (UHC).

Baca Juga :  Save The Children Bersama Pemkab TTU Bekerja Sama Atasi Stunting

Ia menjelaskan bahwa terdapat prosedur yang berlaku dalam program UHC ini.

Pasien diwajibkan untuk terlebih dahulu mengunjungi fasilitas kesehatan (Faskes) pertama, seperti Puskesmas atau klinik yang telah ditentukan, sebelum mendapatkan pelayanan.

Jika pasien direkomendasikan untuk dirujuk ke RSUD, maka RSUD akan memberikan pelayanan dan jaminan UHC atau mengaktifkan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) kesehatan.