Dorong Digitalisasi UMKM, LPPM ITB dan Dekranasda NTT Selenggarakan Pameran Virtual

Reporter: Redaksi
Poros NTT News

Kupang,Porosnttnews.com-Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTT, kali ini merupakan sikronisasi program dan kegiatan perkembangan yang terjadi yang harus disikapi, diantisipasi, dan dihadapi dalam rangka menjadikan Dekranasda sebagai lembaga yang handal mendukung kemandirian ekonomi daerah maupun ekonomi Indonesia.

Di Gedung Dekranasda NTT, akan diselenggarakan prosesi pemaparan hasil LPPM ITB oleh Raja Alrando (Project Officer) dan Serah terima oleh Achmad Ghazali Ph.D (Ketua Peneliti) kepada Perwakilan Dekranasda NTT Bapak Eldisius Angi Kepala Bidang Kreatif dan Daya Saing Produk Dekranasda Provinsi NTT dan Ketua Dekranasda NTT Bunda Julie Sutrisno Laiskodat yang turut serta secara daring Pada hari Jumat, 23 September 2022.

Swipe up untuk membaca artikel

Tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ITB yang dipimpin oleh Achmad Ghazali ST., M.A.B., Ph.D. sebagai Ketua peneliti dan Raja A. Alrando, Arya B. Adisasmito, Lala Nurfitria dan Syane Rachma Dian.

Lagi pula mereka  merupakan Mahasiswa S2 MBA ITB sekaligus project officer mengunjungi Gedung Dekranasda NTT untuk melakukan pertemuan dan berdiskusi bersama perwakilan Dekranasda NTT untuk menggali lebih lanjut mengenai tantangan dan harapan agar  aktivitas pemasaran UMKM binaan Dekranasda NTT secara digital.

Baca Juga :  Potensi Gagal Panen Sangat tinggi, Pemkab TTU Diminta Harus Punya Solusi

Pertemuan selanjutnya bersama Bunda Julie Sutrisno Laiskodat dilakukan secara daring, pada tanggal 8 Agustus 2022. Untuk memaparkan konsep dan ideasi yang telah dilakukan oleh tim LPPM ITB dan menyepakati untuk membuat ruang pameran virtual bagi 15 UMKM yang dipilih sebagai perwakilan binaan Dekranasda NTT.

Dimana ruang pameran ini, selayaknya ruang pameran offline berguna untuk memamerkan profil umkm, produk yang dijual dan tautan untuk melakukan pembelian terhadap produk UMKM.

Pameran virtual UMKM NTT diselenggarakan sebagai ruang promosi digital bagi para pengunjung dari dalam dan luar NTT untuk dapat mengeksplorasi keragaman produk UKM binaan dan andalan Dekranasda NTT.

Ruang pameran virtual merupakan ruang berbasis website yang dapat diakses tautan website umkmntt.id dan akan berlangsung serta dapat diakses selama 1 tahun kedepan. Ruang pameran virtual ini juga memberikan pengalaman bagi para pengunjung selayaknya datang pada pameran offline.

Pengunjung diwajibkan untuk mengisi buku tamu, lalu selanjutnya dapat mengunjungi setiap tenant serta menggali informasi melalui tautan yang telah disediakan di setiap booth yang terdiri dari :

Baca Juga :  Simpanan Anggota Baru Senilai 53 Juta Cabang Larantuka Begini Pesan GM Yohanes Sason

1. Nama UMKM 2. Video profil UMKM 3. Website UMKM 4. Sosial media UMKM 5. Toko online / E-Commerce UMKM 6. Whatsapp Bisnis UMKM 7. Katalog Produk

Tidak hanya melihat, pengunjung juga dapat melakukan transaksi dan membeli produk yang terkoneksi langsung pada akun penjualan UMKM baik ke toko online ataupun whatsapp bisnis. Adapun UMKM yang ditampilkan pada pameran virtual ini terdiri dari 15 UMKM binaan Dekranasda NTT antara lain :

1. Almetira By Aquila 2. Mama Ana 3. Ghaura 4. Queenjor 5. Isabela 6. Sombra 7. Dapur Kelor 8. Kopan 9. La Moringa 10. Se’i Opa Rote 11. Fonara 12. Mindari 13. Valdano 14. Madu Khas NTT 15. Yudhistira

Pameran ini, diharapkan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembeli potensial produk UMKM NTT dan juga langkah awal untuk membangun kolaborasi dan pembentukan ekosistem digital dari triple helix Dekranasda (Pemerintah), Tim LPPM ITB (Akademisi) dan UMKM (Industri /Praktisi) sebagai pondasi pengembangan pemasaran berbasis digital.

Baca Juga :  Disperindag TTU Sediakan 234 Kios Bagi Masyarakat di Kota Kefa