Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Tanggapan Gusti Tulasi,SH Terkait Dana Badai Seroja Ada di Rekening BPBD TTU

Reporter : David Neno Naisali Editor: Redaksi
Poros NTT News
Keterangan Foto Gusti Tulasi,SH saat memberikan tanggapan dana yang ada di Rekening BPBD TTU.(Dav).

Kefamenanu,Porosnttnews.comPara korban Badai Seroja tahun 2021 yang silam hingga saat ini diduga belum ada bantuan dari BPBD TTU.

Padahal Pemerintah Pusat sudah mentransfer dana bantuan tersebut sebesar 5 Miliar lebih ke rekening BPBD TTU pada akhir bulan Desember 2021 yang lalu.

Ironisnya Dana tersebut hingga saat ini masih tersimpan di rekening Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) TTU.

Kepala BPBD TTU, Dra. Yosefina A.M. Lake ketika dikonfirmasi mengatakan bukan kita menahan dana itu, dan tidak realisasikan tetapi kita harus mengikuti mekanisme yang baik, sehingga tidak ada kesalahan.Dan saat ini kita sementara berproses,dengan menyampaikan data yang Valid.

Mengenai perkembangan terakhir penyaluran bantuan dana seroja ini, Yosefina mengatakan pihaknya sementara melakukan pembersihan lokasi untuk pembangunan rumah – rumah itu.

Menurut Yosefina, bantuan ini ada tiga kategori dengan besaran bantuan yang berbeda yaitu untuk yang rusak berat, ada 52 KK nilainya Rp. 50 juta rupiah rusak,  sedang 37 KK nilainya Rp. 25 juta rupiah, sementara yang rusak ringan ada 68 KK. nilainya Rp.10 rupiah.

Baca Juga :  Berita Terkini: Pendiri Ormas Beta Timor Yosef Falen Kebo Siap Bantu Keluarga Terdampak Kedukaan

Ia merincikan kategori rusak berat akan mendapat dana Rp.50 juta/KK, rusak sedang Rp.25 juta/KK dan rusak ringan Rp.10 juta/KK.

Ketika dikonfirmasi mengenai kapan merealisasikan bantuan tersebut, mantan Camat Bikomi Tengah ini mengatakan,secara administrasi sudah mencapai 92%,dan tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) Bupati. Jadi apabila SK Bupati sudah, maka realisasi kegiatan pekerjaan, dimulai pada bulan Juli ini.