Daerah  

Jelang Idul Adha 1444 H, PLN Lakukan Safety Online dan Siap Jaga Keandalan Pasokan Listrik

Poros NTT News
PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah NTT siap jaga keandalan pasokan listrik selama periode libur Idul Adha 1444 Hijriah.

Kupang,PRS-PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah NTT siap jaga keandalan pasokan listrik selama periode libur Idul Adha 1444 Hijriah dari tanggal 27 Juni hingga 2 Juli 2023.

Bersamaan dengan itu, sebelumnya PLN turut melakukan Safety Online Pemeliharaan Pulau Timor di Gardu Induk Bolok pada hari Rabu 21 Juni 2023 lalu.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur I Gede Agung Sindu Putra menyampaikan dalam meningkatkan keandalan dan pelayanan ke masyarakat, PLN memastikan peralatan yang dilakukan pemeliharaan oleh PLN merupakan peralatan utama/sumber kelistrikan.

“Kami menyadari bahwa menjaga keandalan pasokan listrik adalah kunci bagi kelancaran perayaan Idul Adha yang aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat,”ujarnya.

Oleh karena itu, kami telah meningkatkan upaya keamanan online dan mengadopsi solusi teknologi mutakhir untuk melawan ancaman siber,” kata Direktur Utama PLN, Budi Setiawan.

PLN telah menjalin kemitraan dengan lembaga keamanan siber terkemuka dan melakukan peningkatan pelatihan untuk personel IT-nya.

Selain itu, mereka juga meningkatkan pengawasan dan pemantauan terhadap sistem jaringan listrik secara real-time guna mendeteksi dan menangani ancaman keamanan dengan cepat.

Baca Juga :  Ketua GMNI Bakal Aksi Besar Besaran Apabila Permintaan Tidak Diterima

“Kami memiliki pusat operasi keamanan siber yang berfungsi penuh dan dilengkapi dengan perangkat lunak canggih untuk mendeteksi serangan siber secara proaktif. Kami juga telah meningkatkan kapabilitas kami dalam menangani insiden keamanan dengan bekerja sama dengan pihak berwenang terkait,” tambah I Gede Agung.

Selain itu, PLN juga telah melakukan pemeliharaan rutin dan perawatan terhadap infrastruktur kritis mereka, termasuk gardu induk, saluran distribusi, dan stasiun pembangkit.

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa pasokan listrik tetap stabil dan dapat memenuhi kebutuhan selama perayaan Idul Adha.

Dalam menghadapi lonjakan permintaan listrik selama periode libur Idul Adha, PLN telah melakukan penyesuaian dan peningkatan kapasitas jaringan listrik.