Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Wisata  

Tanpa Dukungan Pemdes, Tokoh Pemuda ini Kembangkan Wisata Berbasis Kearifan Lokal

Reporter : Redaksi
Poros NTT News
Kondisi saat ini, Pesisir Pantai Wailolong menjadi kemasan Wisata yang berbasis kearifan lokal dari hasil swadaya.

Lembata,Porosnntnews.com- Sebagian masyarakat yang tergabung dalam Komunitas Pandawa yang di gagas oleh Abdurahman Muhammad atau sering di panggil Haji Bareng. Usaha mereka berhasil mengemas pesisir pantai Wailolong menjadi kemasan Wisata yang berbasis kearifan lokal secara swadaya.

Ada pun kemasan wisata yang ditawarkan di lokasi ini diantaranya; Wisata kuliner, Wisata air, Snorkling, Diving, Spot Mancing serta Wisata Dayung, sementara dalam Planing Lain nnti akan di kemas Wisata Religius.

Haji Bareng saat di temui media ini, di sela-sela kesibukannya, pada hari Selasa (03/05/2022) Ia menjelaskan  Wisata yang berbasis kearifan lokal dibangun atas Swadaya murni dari sebagian kecil masyarakat yang tergabung dalam Komunitas Pandawa tanpa campur tangan Pemerintah Desa dan pihak lain.

Lebih jauh lagi, Ia menjelaskan, bahwa tanah yang digunakan jadi tempat Wisata dengan luas kurang lebih 1 Hektare merupakan milik beberapa warga setempat.

Pemerintah Desa sendiri sejauh ini belum ada dukungan konsep Wisata yang saya gagaskan,” Ungkap Haji Bareng.

Konsep dasar tujuan membangun lokasi Wisata berbasis kearifan lokal di kampung ini,  berawal dari niatan sebagian kecil masyarakat untuk mencari pendapatan selain bertani dan nelayan, bisa  menjadi mata pencaharian warga di Desa Wailolong.”

Baca Juga :  NTT jadi Tuan Rumah KTT Asean,Begini Penjelasan Wakil Gubernur Josef Nae Soi Mengenai Persiapan Saat Ini