Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

SMP Negeri Kewapante Terima Kunjungan Organisasi Pemuda Cipayung Sikka untuk Tingkatkan Pemahaman Demokrasi

Poros NTT News
Kunjungan Organisasi Pemuda Cipayung Sikka.

Sikka,PRS – SMP Negeri Kewapante, Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), menerima kunjungan istimewa dari organisasi pemuda terkemuka, yakni PMKRI (Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia), GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia), dan IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) dari Cipayung Sikka, Kamis, 31 Agustus 2023.

Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang demokrasi kepada siswa-siswi kelas VII dan VIII dalam rangka meningkatkan partisipasi aktif mereka dalam kehidupan demokratis masyarakat.

Poros NTT News

Kegiatan ini diadakan sebagai bagian dari program sekolah penggerak SMP Negeri Kewapante yang menerapkan kurikulum merdeka dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Pada kesempatan kali ini, P5 mengambil tema demonstrasi kontekstual untuk memberikan pemahaman siswa tentang pentingnya demokrasi dan partisipasi aktif dalam masyarakat.

Salah satu koordinator P5, Yohanes Sulfridus Kloang, S.Pd, mengatakan bahwa rekan-rekan pemuda dari Cipayung Sikka diundang sebagai narasumber guna memberikan pemahaman yang lebih kontekstual tentang demokrasi kepada siswa-siswi.

Materi disampaikan secara interaktif, melibatkan partisipasi aktif siswa-siswi dalam diskusi dan simulasi pemilihan Ketua OPDIS serta Ketua Kelas. Ini bertujuan memberikan pengalaman langsung mengenai proses demokrasi.

Baca Juga :  SMAN 1 Nagawutung Mengasah Kemampuan Melalui Pembukaan Bumi Perkemahan

Dalam kelas-kelas yang berbeda, perwakilan dari ketiga organisasi ini menyajikan materi dengan pendekatan tajam dan kontekstual, memberikan contoh situasi nyata di mana demokrasi memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari.

Mereka juga mendorong siswa-siswi untuk berpikir kritis dan berpartisipasi aktif dalam proses demokrasi.

Bonafantura Lalut, perwakilan dari PMKRI Cab. Maumere St. Thomas Morus, menyampaikan, “Kami ingin mengajarkan kepada adik-adik di lembaga ini bahwa peran mereka kedepannya sangat penting dalam pengambilan keputusan yang memengaruhi banyak orang.