Ayodhia Kalake: Kehadiran LLDIKTI Wilayah XV Tidak Hanya Sebatas Urusan Adminitrasi

Poros NTT News
Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia Kalake bersama Kepala LLDIKTI Wilayah XV dan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan NTT.

Dalam konteks ini, Ayodhia Kalake mengungkapkan harapannya terhadap LLDIKTI Wilayah XV untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan di daerah ini dan memfasilitasi upaya peningkatan kualitas pendidikan tinggi.

Kegiatan LLDIKTI Wilayah XV dengan tema “Get Ready For Better Future” juga memberikan kesempatan bagi perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) untuk memperkenalkan lembaganya kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).

Selain itu, kegiatan ini menjadi platform kolaborasi antara lembaga pendidikan tinggi, dunia usaha, dan dunia industri, yang mirip dengan praktik di beberapa negara maju di mana kurikulum disusun bersama untuk memenuhi kebutuhan langsung industri.

Kolaborasi semacam ini sangat relevan di era digital, di mana perguruan tinggi tidak hanya menjadi pusat pendidikan dan penelitian, tetapi juga pusat kewirausahaan.

Dalam konteks ini, penting untuk meningkatkan upaya hilirisasi riset dan inovasi yang telah dilakukan oleh lembaga pendidikan tinggi.

Ayodhia Kalake berharap LLDIKTI Wilayah XV juga akan mendukung peningkatan kapasitas dan kapabilitas pelajar serta peneliti, termasuk publikasi riset dan karya ilmiah di jurnal-jurnal nasional dan internasional.

Baca Juga :  Sambut Natal, Penjabat Gubernur NTT Ayodhia Kalake Bagikan Kasih dan Pesan Kesejahteraan

“Pentingnya peran LLDIKTI Wilayah XV tidak hanya terbatas pada urusan administrasi, tetapi juga dalam meningkatkan daya saing PT di NTT, baik di tingkat nasional maupun internasional,”tambah Ayodhia Kalake.

Ia juga menekankan LLDIKTI Wilayah XV tidak hanya merancang strategi untuk mempersempit disparitas kualitas dan akreditasi antar PT di NTT. Tetapi juga harus mampu meningkatkan daya saing PT NTT pada level nasional maupun Internasional.

Dengan tema “Get Ready For Better Future,” acara ini diharapkan akan memberikan dorongan besar bagi perkembangan pendidikan tinggi di NTT dan kontribusi positifnya bagi masa depan yang lebih baik.,tutup Ayodhia Kalake.

Reporeter/Redaksi: Hendrik