Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Gempabumi Tektonik M7.4 di Jepang dan Dampak Potensi Tsunami untuk Indonesia

Poros NTT News
Gambar istimewa bangunan roboh terjadinya gempa.

Jakarta,PRS -Gempabumi tektonik mengguncang wilayah Pantai Barat Honshu, Jepang pada Senin, 01 Januari 2024, sekitar pukul 14.10.15 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah melakukan analisis menyeluruh terkait kejadian ini, dan berikut adalah hasil temuan dan dampaknya.

Kejadian dan Parameter Gempabumi

Gempabumi tektonik dengan magnitudo M7,4 tersebut memiliki episenter di koordinat 37,35° LU dan 137,24° BT, berlokasi di Prefektur Ishikawa, Jepang, pada kedalaman 45 km. Kejadian ini terjadi pada Hari Senin, 01 Januari 2024, pukul 14.10.15 WIB.

Menurut Japan Meteorological Agency (JMA), gempabumi ini berpotensi menyebabkan tsunami di sepanjang pesisir Pantai Barat Jepang.

Beberapa wilayah dengan peringatan tsunami adalah:

  • Noto Area, Prefektur Ishikawa: (Major Tsunami warning) dengan estimasi ketinggian 5 meter.
  • Prefektur Yamaga, Prefektur Niigata, Sadogashima Island, Prefektur Toyama. Kaga Area Prefektur Ishikawa, Prefektur Fukui, Northern Part of Hyogo Prefecture: (Tsunami Warning) dengan estimasi ketinggian 3 meter.
  • Pesisir Hokkaido Bagian Barat, Pesisir Laut Jepang Bagian Utara Hokkaido, Pesisir Laut Jepang Bagian Selatan Hokkaido, Prefektur Akita: (Tsunami Advisory) dengan estimasi ketinggian 1 meter.
Baca Juga :  Terbaru Informasi BPJS Kesehatan Membuka Peluang Karir Sebagai PPAT

Hasil Observasi Tsunami di Jepang