Daerah  

BMKG Provinsi NTT Peringatkan Dini Kebakaran Hutan dan Lahan

Poros NTT News
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi NTT secara resmi mengeluarkan peringatan dini terkait Kebakaran Hutan dan Lahan.

Kupang,PRS– Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi NTT secara resmi mengeluarkan peringatan dini terkait Kebakaran Hutan dan Lahan yang berpotensi terjadi di wilayah berlaku Kamis, 27 Juli 2023..

Peringatan ini mengisyaratkan kondisi cuaca yang rawan dan meningkatkan risiko terjadinya kebakaran yang dapat menyebabkan kerugian besar bagi alam dan masyarakat.

Musim kemarau yang sedang berlangsung di wilayah NTT memberikan konteks serius dalam peningkatan risiko Kebakaran Hutan dan Lahan.

Kurangnya curah hujan dalam periode ini menyebabkan kekeringan dan membuat tumbuhan dan lahan rentan terhadap percikan api atau kebakaran yang tidak terkendali.

Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk lebih waspada dan berhati-hati dalam melakukan aktivitas yang dapat menyebabkan kebakaran.

Pihak BMKG juga telah menegaskan pentingnya peran aktif dari masyarakat dan instansi terkait dalam melakukan pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan.

Menjaga kebersihan lahan dari material mudah terbakar, seperti daun kering dan sampah, serta menghindari membakar sampah sembarangan, adalah langkah-langkah sederhana yang dapat membantu mengurangi risiko terjadinya kebakaran.

Baca Juga :  Rakernas Fosma PTMA se-Indonesia, Prof. Zainur Wula: Selamat Datang di Universitas Muhammadiyah Kupang