Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Dorong Kesadaran Publik Terhadap Masalah TBC

Poros NTT News

PRS – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena, mewakili Indonesia dalam pertemuan Stop TB Partnership Regional Dialogue di Manila, Filipina pada 14-15 Maret 2024.

Tujuan untuk membahas langkah-langkah yang diperlukan dalam mengimplementasikan komitmen eliminasi TBC pada tahun 2030 di negara-negara Asia Pasifik.

Poros NTT News

Dalam Focus Group Discussion (FGD), Melki Laka Lena menyoroti pentingnya kampanye kesadaran komprehensif melalui pendidikan masyarakat untuk mengatasi TBC, dengan fokus pada menghilangkan mitos, mengurangi stigma, dan mendorong pengobatan, terutama untuk kelompok rentan.

Melki menekankan kolaborasi antara pemerintah, LSM, tokoh masyarakat, penyedia layanan kesehatan, dan masyarakat sipil sebagai kunci keberhasilan dalam meningkatkan kesadaran efektif terhadap TBC, dengan pendanaan memadai dan akuntabilitas yang diperlukan.

Sebagai panelis, Melki juga menegaskan komitmen Indonesia untuk memberantas TBC pada tahun 2030, dengan menekankan pentingnya pembiayaan inovatif dan prioritas program TB di semua tingkat pemerintahan.

Investasi dalam penelitian TB dan desentralisasi layanan juga dianggap penting untuk memperluas akses pengobatan.

Baca Juga :  Yulius Huki: Pelatihan Kader Baru dari 5 Posyandu Sebagai ujung Tombak Pemahaman

Melki menyoroti bahwa upaya eliminasi TBC pada tahun 2030 adalah kewajiban bersama bagi semua negara, termasuk Indonesia, karena kesehatan dan keselamatan rakyat harus menjadi prioritas utama di atas segalanya.

Penulis: AB/Laurens Leba Tukan