Daerah  

Seputar Thomas Krispianus Swalar: Guru Penulis yang Berdedikasi untuk Literasi

Poros NTT News
Wahid Aman, Ketua Perkumpulan Penulis Motivator Nasional (PPMN) WIL NTT bersama Thomas Krispianus Swalar dari Lembata.

Kupang,PRS – Seorang pendidik dan penulis yang berdedikasi, Thomas Krispianus Swalar, lahir di Puor pada tanggal 16 Juli 1976, telah memberikan kontribusi besar dalam mengembangkan literasi di kalangan peserta didik.

Perjalanan pendidikannya dimulai dari SDK Puor, SMP PGRI Labalekan Puor, hingga menyelesaikan pendidikan tinggi di Universitas Flores.

Saat ini, beliau terus mengabdi sebagai seorang guru di SMAN 1 Nagawutung Kecamatan Nagawutung Kabupaten Lembata sejak 2003 sampai sekarang.

Sebagai seorang guru bahasa dan sastra Indonesia, Thomas Krispianus Swalar merasa terpanggil untuk memberikan teladan kepada peserta didiknya.

Beliau percaya bahwa guru yang mengajarkan keterampilan menulis harus menjadi teladan dengan aktif menulis sendiri.

“Jika anak didik disuruh untuk menulis tetapi guru tidak pernah menulis, tentu akan sangat berpengaruh pada peserta didik juga. Oleh karena itu, guru harus menulis terlebih dahulu sehingga dapat memotivasi peserta didik untuk menulis,” ujarnya pada Jumat,8/12/2023.

Pengabdian Thomas Krispianus Swalar dalam mengembangkan literasi tidak hanya terbatas di ruang kelas.

Pada tahun 2023 hingga sekarang, beliau terlibat aktif di SMAN 1 Nagawutung, memotivasi dan membimbing para siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan menulis.

Baca Juga :  Inilah Hasil Rapat Rekapitulasi Pemilih di Kabupaten Sikka

Wahid Aman, Ketua Perkumpulan Penulis Motivator Nasional (PPMN) Wilayah NTT, memberikan apresiasi kepada Thomas Krispianus Swalar.