Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Rute Baru Kapal Cepat Lewoleba-Ende, Cincin Ekonomi Lembata Flores Terhubung

Reporter : Teddi Lagamaking Editor: Redaksi
Poros NTT News
(Istimewa).Ina Maria, salah satu kapal cepat milik Benediktus Lelaona.

Lembata, Porosnttnews.comKapal cepat SB Ina Maria 3 bakal memulai trayek baru dari Pelabuhan Lewoleba, Lembata-Pelabuhan Waiwerang, Adonara-Pelabuhan Larantuka-Pelabuhan Ipi, Ende.

Pelayaran perdana akan dimulai tanggal 25 April 2022 dari pelabuhan Lewoleba menuju pelabuhan Waiwerang dan dari pelabuhan Waiwerang menuju pelabuhan Larantuka, selanjutnya dari pelabuhan Larantuka menuju pelabuhan Ipi Ende.

Penjelasan ini disampaikan General Manajer SB Ina Maria 3 dan SB Fantasi Ende, Benediktus Lelaona, kepada wartawan, Rabu (6/4) di Lewoleba.

Menurut Ben, pelayaran perdana akan dimulai tanggal 25 April dengan frekuensi pelayaran tiga kali seminggu yakni dari pelabuhan Lewoleba yang dijadwalkan pada Hari Senin, Rabu, dan Jumat, pukul 07.00 Wita.

Dari Pelabuhan Waiwerang pukul. 07.45 Wita dan dari Pelabuhan Larantuka pukul 08.30 Wita.

Sementara itu dari Pelabuhan Ipi, Ende menuju Pelabuhan Larantuka, Waiwerang dan pelabuhan Lewoleba dijadwalkan pukul 07.00 Wita setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu.

Harga tiket untuk pelayaran dari pelabuhan Lewoleba ke Pelabuhan Ipi, Ende dibandrol dengan harga 350 ribu rupiah setiap penumpang. Sementara dari pelabuhan Waiwerang ke Ende seharga 300 ribu rupiah, sedangkan dari Larantuka-Ende, 250 ribu rupiah.

Baca Juga :  Mahasiswa UNIPA Sebarkan Kesadaran Ekologis dan Green Lifestyle

Waktu tempuh perjalanan dari Pelabuhan Lewoleba ke pelabuhan Ende hanya 3,5 jam, dari Waiwerang, 3 jam, sedangkan dari pelabuhan Larantuka hanya ditempuh dalam waktu 2,5 jam.

“Uji coba mulai 25 April ini tiga kali seminggu, tetapi sekitar awal Juni sudah mulai dengan pelayaran setiap hari saat SB Fantasi Ende tiba nanti,” katanya.

Dijelaskannya, SB Ina Maria 3 berkapasitas 125 penumpang, sementara SB Fantasi Ende berkapasitas 150 penumpang.

Selain nyaman dan ditempuh dalam waktu yang jauh lebih cepat, para penumpang juga disiapkan snack.

Kehadiran kapal cepat SB Ina Maria ini selain mempermudah mobilitas penumpang, namun memberikan manfaat bagi para pedagang di Lembata.