Daerah  

Rute Baru Kapal Cepat Lewoleba-Ende, Cincin Ekonomi Lembata Flores Terhubung

Reporter : Teddi Lagamaking Editor: Redaksi
Poros NTT News
(Istimewa).Ina Maria, salah satu kapal cepat milik Benediktus Lelaona.

Sebut saja, Baman Laper, pedagang sayur di Pasar TPI Lewoleba menaruh bahagia.

Bagi dia, penambahan rute penyeberangan yang dilakukan Manajemen SB Ina Maria 3 dan SB Fantasi Ende ini bukan saja meningkatkan kemudahan transportasi laut bagi masyarakat tetapi juga membawa angin segar bagi para pelaku usaha di Lembata.

Baman berujar bahwa, dirinya akan memasok sayur dan buah-buahan dari Ende untuk dijual di Lewoleba, karena selama ini kebutuhan sayur dan buah-buahan di Lembata terbilang tinggi, tapi tidak didukung dengan banyaknya jumlah produksi yang dihasilkan para petani.

“Dari Lembata saya pasti bawa ikan untuk jual disana, dari Ende saya bawa sayur dan buah-buahan, disana stoknya banyak,” terang pria 35 tahun ini.

Dia percaya, dengan bertambahnya satu rute penyeberangan kapal cepat Lewoleba-Ende bakal memberikan manfaat ganda.

“Yang mau kuliah di Ende juga sudah ada transportasi, urusan jualan dan lain-lain juga sudah terjangkau. Tunggu apa lagi, kita manfaatkan kemudahan yang ada,” tandasnya.

Valentinus Ola, Pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Cabang Lembata mengakui banyak kemudahan yang di dapat dengan dibukanya rute penyeberangan kapal cepat Lewoleba-Ende.

Baca Juga :  Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Lembata Terima Buku Cerpen Kerinduanku Untukmu Ibu

Salah satu menurutnya adalah, sumberdaya laut berupa ikan di Lembata yang mana punya peluang untuk dijual ke Ende dan kabupaten lainnya di daratan Flores.

Selama ini Lembata terkenal dengan potensi ikan yang banyak namun semua itu sebatas di konsumsi dan di pasarkan di dalam kabupaten. Sedikit sekali di bawa keluar untuk dijual.

“Ini peluang bagus, saya yakin pasti ada yang sudah melirik ke arah sana,” ujarnya.

“Ende dan kabupaten lain di daratan Flores pasti butuhkan ikan, coba para pengepul main ini, saya yakin cincin ekonomi berjalan bagus,” katanya.

Untuk diketahui, calon penumpang yang ingin berlayar, silahkan hubungi para agen. Lembata :085287472986, Waiwerang : 082165753471, Larantuka :085253211000, Ende :085320129538.**