Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

BPP Konga dan BPP Waibelen Gagas Inovasi Pengukuran Geospasial Lahan melalui WEBGIS

Poros NTT News
BPP Konga dan BPP Waibelen bersama mahasiswa Jalin Sinergi dalam Sosialisasi Pengukuran Geospasial Lahan melalui WEBGIS.

Larantuka,PRS – Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Konga dan BPP Waibelen melakukan kegiatan anjangsana pada Sabtu, 9 November 2023.

Tujuan untuk meningkatkan pemahaman petani terkait pengukuran geospasial lahan dengan penerapan pemetaan partisipatif menggunakan aplikasi WEBGIS pada Kamis, 11 November 2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pengurus P3A dr Konga, Fransiskus Us Tukan, serta peserta dari BPP Waibelen dan BPP Konga, termasuk mahasiswa dari Politani dan siswa dari SMK Adonara Barat.

Dalam sambutannya, Fransiskus Us Tukan menyampaikan pentingnya kegiatan ini untuk memberikan pemahaman yang jelas kepada petani tentang luas lahan yang mereka olah.

“Melalui aplikasi WEBGIS, petani dapat dengan mudah mengetahui ukuran pasti dari lahan yang mereka kelola. Ini penting tidak hanya untuk petani tetapi juga untuk pihak-pihak terkait, terutama yang berada di pusat, agar dapat mengalokasikan bantuan sesuai dengan luas lahan yang terdaftar di SIMLUTAN,” ujar Fransiskus.

Kegiatan ini melibatkan tim dari BPP Waibelen, yang terdiri dari 7 mahasiswa Politani, dan tim dari BPP Konga, yang didukung oleh 8 mahasiswa Politani dan 13 siswa angkatan pertama dari SMK Adonara Barat. Mereka secara aktif terlibat dalam sosialisasi dan praktik penggunaan aplikasi WEBGIS untuk pemetaan lahan.

Baca Juga :  Pengukuhan Karang Taruna Desa Oepuah sebagai Tonggak Masa Depan