Daerah  

Rapat Kerja Pengawasan Bersama Polda/Polres Se-Ntt

Reporter: Redaksi
Poros NTT News
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur Darius Beda Daton menghadiri undangan Inspektorat Pengawasan Daerah (Itwasda) Polda NTT .

Kupang,Porosnttnews.com- Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur Darius Beda Daton menghadiri undangan Inspektorat Pengawasan Daerah (Itwasda) Polda NTT dalam rangka mengikuti rapat kerja pengawasan Polda NTT di Rupatama Lantai III Mapolda NTT Hari Kamis (22/9),

Hadir dalam rapat kerja tersebut Wakapolda NTT, para pejabat utama, kabag wasidik, para wakapolres jajaran dan para kasiwas polres dengan total peserta sebanyak 82 orang. Rapat kerja dimulai dengan pembukaan dan sambutan oleh Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. Heri Sulistianto dan dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Ombudsman NTT. (materi paparan terlampir).

Swipe up untuk membaca artikel

Kepada institusi Polri khususnya Polda NTT dan jajaran Ombudsman menyampaikan terima kasih karena berdasarkan statistik akses laporan masyarakat yang kami terima tahun 2021 dan 2022, laporan masyarakat terkait layanan kepolisian mengalami penurunan di tingkat polda,  meski data menunjukan kenaikan laporan khusus di Polres dan Polsek.

Sementara fungsi pelayanan yang paling sering dilaporkan adalah fungsi Reskrim, disusul SPKT dan layanan Lantas. Layanan intelkam adalah yang paling tidak dilaporkan sejak tahun 2020-2022. Penurunan laporan juga diterima Itwasda Polda NTT tahun 2022.

Baca Juga :  Eurico Guterres: Perjuangan kita Murni Kepedulian, Bupati TTU siap Dukung

Penurunan laporan masyarakat ini bisa saja terjadi karena terjadi perbaikan layanan di seluruh unit layanan Polda/Polres sehingga tidak ada yang perlu dikomplain. Untuk tahun 2021 terdapat lima Polres yang layanannya tidak dikeluhkan sama sekali sepanjang tahun yaitu Polres Ngada, Polres Manggarai, Polres Sikka, Polres Malaka dan Polres Nagakeo.

Sedangan tahun 2022 terdapat enam Polres yang layanannya  sama sekali tidak dilaporkan masyarakat yaitu Polres Alor, Polres Manggarai, Polres TTS, Polres Rote Ndao, Polres Sabu Raijua dan Polres Sumba Timur.

Secara khusus saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Polres Manggarai yang sepanjang tahun 2021 dan 2022 sama sekali layanannya tidak pernah dilaporkan masyarakat baik kepada Itwasda Polda NTT maupun kepada Ombudsman NTT.

Untuk itu, dalam rapat kerja tersebut kami menyampaikan beberapa saran agar menjadi atensi guna perbaikan layanan institusi Polri. Semoga masukan kami dalam rapat kerja ini bermanfaat untuk perbaikan layanan di Polri. Salam Presisi.**