Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Manfaat Rekomendasi BBM Subsidi bagi Kelompok Tani

Poros NTT News

Mabar,PRS –  Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Manggarai Barat, Bapak Laurensius Halu, menguraikan asas manfaat dari rekomendasi Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yang diberikan kepada Kelompok Tani pada Kamis 10 Agustus 2023.

Penjelasannya menegaskan bahwa rekomendasi ini harus digunakan sesuai aturan dan bukan untuk kegiatan bisnis.

Poros NTT News

Dijelaskan oleh Bapak Halu, rekomendasi tersebut mengikuti proses resmi dan valid, dengan persyaratan antara lain surat pengantar dari kepala desa setempat serta persetujuan dari PPL setempat.

Permohonan pengajuan BBM subsidi untuk mesin pertanian juga harus diajukan.

Setelah semua tahapan terpenuhi, penerima harus menyampaikan surat pernyataan yang bermaterai sebelum akhirnya menerima surat rekomendasi.

Ketika ditanya tentang pelanggaran penggunaan BBM subsidi yang mungkin terjadi, Bapak Halu menekankan bahwa risiko kesalahan penggunaan BBM subsidi menjadi tanggung jawab penerima karena sudah dijelaskan dalam surat pernyataan yang mereka tanda tangani.

Bantuan ini bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan mesin pertanian bagi kelompok tani, sebagai bagian dari layanan yang diberikan oleh dinas pertanian.

Baca Juga :  Walhi Region Banusramapa: NTT Saat Ini Berada Dalam Dua Ancaman Besar

Dalam misi utamanya, dinas pertanian juga memberikan bantuan seperti akses jalan tani, irigasi, pupuk, dan mesin pertanian lainnya.

Rekomendasi BBM subsidi diberikan agar mesin-mesin pertanian dapat beroperasi dengan biaya yang terjangkau, termasuk untuk berbagai jenis mesin seperti traktor, mesin giling padi, dan lainnya.