Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Inilah Eksistensi Aliansi Nusantara Jopu Wolokoli

Reporter : Red Editor: Redaksi
Poros NTT News

Kefamenanu,Porosnttnews.com-Sejarah Ende Lio dari mulai masa pendudukan Belanda hingga masa kemerdekaan selalu diwarnai dengan perjuangan.

Perjuangan yang awalnya merupakan perjuangan kedaerahan, beralih ke perjuangan pemikiran dan nasionalisme. Terbukti dengan eksistensi Aliansi Nusantara Jopu Wolokoli disampaikan melalui pers rilisan yang diterima oleh awak media Senin,20/06/2022.

Neff menyebutkan Aliansi Nusantara Jopu Wolokoli adalah sekumpulan warga masyarakat Ende Lio khususnya di dua desa yaitu Desa Jopu dan Desa wolokoli.

Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende yang berdomisili diluar daerah atau yang sering disebut dengan orang perantau yang memiliki tujuan untuk memperbaiki nasib bersama yakni mencapai kehidupan yang lebih baik.

Munculnya kesadaran untuk bangkit dari penderitaan dan kesengsaraan hidup pas-pasan, membuat warga kedua Desa tersebut memutuskan membuat perkumpulan demi masa depan yang baik.

Aliansi Nusantara Jopu Wolokoli  yang berskala Nasional, dan berbadan hukum berdiri sendiri dan mandiri yang dikembangkan berdasarkan kesamaan aktivitas, profesi dan fungsi didalam bidang agrikultur dan perkembangan sehingga memiliki karakter profesional persaudaraan, dan berbudaya.

Baca Juga :  Operasi Polres Kupang Sita 16 Parang Sumba dan Ratusan Liter Miras di Pelabuhan Bolok

Perkumpulan ini dibentuk atas berbagai faktor penderitaan masyarakat yang berkepanjangan, disitulah kesedaran para pelajar mulai muncul untuk memperjuangkan masa depan yang lebih baik dan paham arti pentingnya merubah pola hidup dalam pendidikan, sosial, pertanian,peternakan membagi lapangan pekerjaan.

Sebelum adanya Aliansi Nusantara Jopu Wolokoli, Para perantau asal kedua Desa tersebut saat itu juga terinspirasi untuk merantau untuk merubah Nasib.