Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Proaktif Perwakilan BPKP NTT Sangat Penting Mengawal Pembangunan Daerah

Poros NTT News
Kepala perwakilan BPKP NTT Sofyan Antonius menyampaikan bahwa kolaborasi antara lembaga pendidikan, pemerintah, dan BPKP sangat penting.

1.Mendorong Bupati/Walikota di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui UPT Balai di Provinsi Nusa Tenggara Timur agar mengalokasikan anggaran yang memadai untuk mendukung percepatan kegiatan penyaluran Bantuan Stimulan Rumah dan Bantuan Relokasi Hunian Masyarakat Terdampak dan pembangunan infrsturktur

2.Melakukan identifikasi dan mitigasi risiko fraud

BPKP sebagai Auditor Internal Pemerintah memiliki peran antara lain melakukan pengawasan intern terhadap perencanaan dan pelaksanaan emanfaatan aset negara/daerah, pengawasan terhadap programagatan yang apat menghambat kelancaran pembangunan, audit klaim, audit investigatif, PKKN an lain-lain pengawasan intern serta pembinaan kapabilitas pengawasan intern pemerintah dan sertifikasi jabatan fungsional auditor.

“Untuk itu BPKP akan terus bersinergi dengan pihak-pihak lainnya termasuk civitas akademika Universitas Nusa ndana dan unversitas lainnya di NTT guna memberikan yang terbaik bagi kesejahteraan rakyat Indonesia,”Sebut Sofyan.

Moment tersebut dirinya juga menjelaskan BPKP memberikan wawasan dan pengetahuan tentang pentingnya peran BPKP dalam mengawal akuntabilitas dan transparansi dalam pembangunan daerah.

Sambil itu BPKP juga memperlihatkan kontribusi UNDANA dalam mendukung upaya BPKP dalam mencapai tujuan pembangunan daerah yang berkelanjutan. Sehingga Mahasiswa UNDANA juga diberi kesempatan untuk berbagi pengalaman mereka dalam menerapkan prinsip-prinsip akuntabilitas dan pengawasan keuangan di sektor publik.

Baca Juga :  Kepala Kantor BPN Manggarai Barat Membahas Konflik Tanah yang Mengemuka

Acara peringatan HUT BPKP Ke-40 di UNDANA juga menjadi momentum penting untuk menjalin kerja sama yang lebih erat antara UNDANA dan BPKP serta pemerintah daerah.

Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam pengawasan keuangan dan pembangunan, sehingga dapat mendorong terciptanya pembangunan daerah yang berkelanjutan dan bermanfaat.

Kegiatan BPKP Goes To Campus dihadiri oleh Warek II Bidang Umum dan Keuangan Dr. Paul G. Tamelan, M.Si, Warek IV Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi Prof. Dr. Jefri S. Bale, ST., M.Eng, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Dr. Apriana-HJ-Fanggidae, SE., M.Si, Kepala Satuan Pengawas Internal (SPI) Ir Yohanis Umbu L. Sobang, M.Si, Wadek I Bidang Akademik FEB Dr. Rolland E Fanggide, S.Si.

 

Reporter: Hendrik