Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Proaktif Perwakilan BPKP NTT Sangat Penting Mengawal Pembangunan Daerah

Poros NTT News
Kepala perwakilan BPKP NTT Sofyan Antonius menyampaikan bahwa kolaborasi antara lembaga pendidikan, pemerintah, dan BPKP sangat penting.

Kupang,PRS- Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merayakan HUT yang ke-40.

Tema “Kolaborasi Mengawal Akuntabilitas untuk Pembangunan Daerah Berkelanjutan” dibuka langsung oleh Rektor Universitas Nusa Cendana  Maxs U. E. Sanam, Selasa 16 Mei 2023, di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Kampus Universitas Nusa Cendana (UNDANA).

Tujuan kegiatan, menjalin sinergi dan kolaborasi untuk bersama-sama mewujudkan pengawasan yang adaptif untuk pertumbuhan yang berkelanjutan.

Diikuti kurang lebih 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa/i dan dosen universitas nusa cendana maupun mahasiswa/i universitas lain yang hadir melalui media zoom.

Apresiasi datang dari Rektor Universitas Nusa Cendana yang menyatakan dengan adanya acara BPKP Goes To Campus diharapkan dapat membuat seluruh peserta mengenal BPKP lebih dekat dan juga menambah pengetahuan terkait kegiatan pengawsan internal dalam mengawal jalannya pemerintahan.

Selain itu, Prof. Dr. drh. Maxs U. E. Sanam. M.Sc juga melanjutkan bahwa diharapkan kegiatan BPKP Goes To Campus dapat menjadi awal kolaborasi antara BPKP dan Universitas Nusa Cendana dalam mengawal akuntabilitas pembangunan darah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga :  Suasana Baru Pelantikan General Manager dan Wakil Manager Kopdit Swatsi Sari

Sambil itu, sebagai upaya untuk mempromosikan transparansi, akuntabilitas, dan tata kelola yang baik di sektor publik, BPKP telah berperan penting dalam menjaga integritas dan efektivitas pengelolaan keuangan dan pembangunan di Indonesia.

Dalam rangka memperingati perjalanan panjang BPKP, UNDANA sebagai lembaga pendidikan tinggi turut merayakan momen ini dengan menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang mengedepankan kolaborasi dan pembangunan daerah berkelanjutan.

Kepala perwakilan BPKP NTT Sofyan Antonius  dalam sambutannya menyampaikan bahwa kolaborasi antara lembaga pendidikan, pemerintah, dan BPKP sangat penting dalam memastikan akuntabilitas dan keberlanjutan pembangunan daerah.

Menurutnya BPKP hadir untuk mengawasi jalannya penyelenggaraan pemerintahan dan meyakinkan bahwa anggaran yang dikeluarkan digunakan untuk ketercapaian tujuan bernegara.

Salah satu agenda pengawasan yang telah dilakukan oleh BPKP Provinsi NTT Tahun 2022 adalah penanganan bencana angin siklon seroja.

Atas pengawasan yang telah dilakukan, BPKP Provinsi NTT memberikan rekomendasi strategis, antara lain: