Daerah  

Peringatan Ke-65 HUT Provinsi NTT: Fokus pada Pembangunan dan Peningkatan Investasi

Poros NTT News
Pj. Gubernur NTT Pimpin Upacara ke-65 Hari Ulang Tahun Provinsi NTT.

Di bidang pertanian dan perkebunan, NTT menawarkan komoditas berkualitas seperti jagung, kelor, kopi, cokelat, cengkeh, dan vanili. Sementara sektor peternakan NTT menjadi pemasok daging sapi terbesar untuk kebutuhan nasional.

Potensi sektor kelautan dan perikanan juga cukup besar, namun realisasi pemanfaatannya masih di bawah potensi. NTT memiliki potensi lahan rumput laut, garam, dan perikanan tangkap yang dapat dikembangkan melalui kemitraan dengan masyarakat nelayan dan petambak.

Di bidang energi dan pertambangan, NTT memiliki potensi Energi Baru Terbarukan, terutama dari laut untuk pembangkit listrik tenaga arus laut (PLTAL).

Pulau Flores telah ditetapkan sebagai Pulau Panas Bumi, sedangkan Pulau Sumba dan Pulau Timor cocok untuk pengembangan pembangkit listrik tenaga surya.

Meskipun potensi besar, Ayodhia menyoroti tingginya Nilai Incremental Capital Output Ratio (ICOR) di NTT pada tahun 2022, yang merupakan yang tertinggi di antara provinsi-provinsi di Indonesia.

Hal ini mencerminkan perlunya pengelolaan investasi yang lebih efisien dan produktif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Selain itu, Ayodhia juga mencatat beberapa prestasi yang telah diraih oleh Provinsi NTT sepanjang tahun 2023, termasuk Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2022, TPID Awards, Innovative Government Award (IGA), dan penghargaan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Baca Juga :  Ketua Umum DP Korpri Ajak ASN Jadi Konten Kreator

Dalam penutup sambutannya, Ayodhia mengajak seluruh warga Flobamorata untuk terus menjaga kebersamaan, menghormati para pendahulu, dan bersama-sama membangun NTT yang maju dan sejahtera.

Setelah upacara bendera, dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake, didampingi Pj. Ketua TP/PKK Provinsi NTT Sofiana Milawati Kalake, Ketua DPRD Provinsi NTT Emi Nomleni, serta perwakilan dari berbagai instansi terkait.

Acara dilanjutkan dengan atraksi oleh atlet-atlet berprestasi, pengumuman pemenang lomba kebersihan kantor dan lingkungan kerja, serta lomba pembuatan ornamen Natal tingkat Pemerintah Provinsi NTT tahun 2023.

Demikian siaran pers ini dibuat untuk dipublikasikan. Video lengkap acara dapat disaksikan melalui YouTube channel Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT.

Editor : Hendrik