Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Jalan di Pansel Lembata Beraspal Mulus, Warga Menaruh Bangga

Reporter : Teddi Editor: Redaksi
Poros NTT News
Salah satu ruas jalan di jalur Pantai Selatan yang dikerjakan oleh PT Belibis Raya Group.

Lembata,Porosnttnews.com– Rupanya masyarakat di jalur Pantai Selatan (Pansel) tepatnya di Kecamatan Nagawutung, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) bakal tersenyum legah. Pasalnya, ruas jalan yang menghubungkan beberapa desa di wilayah itu dalam waktu dekat akan beraspal hotmix.

Selama ini dalam kurun waktu yang tidak singkat, ruas jalan yang menghubungkan beberapa desa di kecamatan itu sangat memprihatinkan. Kondisinya berbatu, sebagian besarnya masih beraspal tanah. Hal ini tentu membahayakan para pengguna jalan, apalagi saat musim hujan.

Akan tetapi dalam waktu yang tidak terlalu lama, ruas jalan yang memiliki beberapa segmen kritis di daerah itu perlahan sudah disulap menjadi mulus, semuanya sedang di aspal dengan produk akhir hotmiks.

Melihat ada perubahan signifikan yang dikerjakan oleh kontraktor, banyak warga memberi apresiasi dan tidak sedikit juga yang menaruh bangga.

Para warga menilai, apa yang dikerjakan oleh kontraktor dalam hal peningkatan mutu infrastruktur jalan di daerah mereka telah memberikan banyak manfaat. Satu diantaranya, adanya percepatan akses transportasi dan juga bertumbuhnya sektor riil lainnya seperti usaha jasa dan mudahnya mendistribusikan hasil laut serta komoditi ke kota.

Baca Juga :  Catatan Ujian Praktek Kelas XII SMAN 1 Nagawutung Kabupaten Lembata

“Dari dulu kami merindukan punya jalan yang bagus, dan sekarang mimpi itu mulai kami rasakan, kontraktor (PT Belibis Raya Grup) yang kerja ini benar-benar bagus,” kata Yono Gawen, warga desa Idalolong kepada media, Sabtu (30/4).

Yono berujar, sejak Lembata otonom menjadi kabupaten jalur Pansel di pesisir Nagawutung hingga ke Lamalera di kecamatan Wulandoni kondisi jalan di dua wilayah itu tidak pernah berubah. Para pengendara juga dibuat susah, dan tragisnya, kecelakaan berujung maut pun sering terjadi disana.

Namun kini beberapa desa yang berada persis di wilayah pesisir Pansel seperti desa Duawutun ke arah desa Babokerong di kecamatan Nagawutung tersebut perlahan mulai mengecapi jalan beraspal mulus. Mereka tidak lagi susah payah ke kota Lewoleba ataupun sekedar bepergian antar desa. Waktu yang mereka tempuh baik ke Lewoleba dan atau ke desa-desa lainnya pun sudah semakin cepat.

“Ini bukan jalan kabupaten, berkat Pemprov NTT kami sudah bisa bernafas legah, apalagi dikerjakan oleh kontraktor yang bertanggung jawab seperti mereka,” ungkapnya.

Baca Juga :  Gunung Ile Lewotolok Erupsi, Kolom Abu Mencapai 2.023 Meter

Sementara itu Direktur PT Belibis Raya Group, Michael Tanudiredjo mengatakan, dalam mengerjakan proyek, pihaknya selalu mengedepankan kualitas terbaik supaya hasil yang nantinya pun punya nilai mutu yang baik dan tahan lama.