Daerah  

Hari Sampah Nasional  AP2HI  Gelar Kegiatan Clean Beach Bersama Masarkat Desa Gunung Sari

Poros NTT News
kegiatan clean beach bersama nelayan anggota binaan AP2HI .

Sikka,PRS – Dalam rangka Hari Sampah Nasional, Asosiasi Perikanan Pole And Line dan Handline (AP2HI) Wilayah Kerja Maumere dan Larantuka menggelar kegiatan clean beach bersama nelayan anggota binaan AP2HI.

Kosmas Keli S.Pi, salah satu staf AP2HI, menyatakan kepada media bahwa kegiatan ini merupakan bentuk inisiatif dan rencana aksi dari AP2HI dan nelayan anggota AP2HI dalam peduli terhadap lingkungan, khususnya masalah sampah yang selama ini menjadi momok bagi ekosistem laut.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Rabu, 21 Februari 2024 yang lalu di pesisir pantai pulau Pemana, Desa Gunung Sari, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Turut serta dalam kegiatan ini beberapa pihak yang bergandengan tangan dan berpartisipasi bersama AP2HI, antara lain Pemerintahan Desa Gunung Sari, nelayan anggota AP2HI, tokoh masyarakat, tokoh pendidik dari Yayasan Nurwahit Gunung Sari, tokoh adat, tokoh agama, Babinsa, serta perwakilan dari PT. Fajar Flores Flamboyan Fishindo (F4) dan CV. Biru Laut (supplier PT. Hatindo Makmur dan I68 Benoa).

Baca Juga :  Nelayan Berinisial M.S Dilaporkan Tenggelam di Perairan Iliiewa, Sikka

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberikan contoh nyata kepada masyarakat nelayan yang peduli akan sampah serta memberikan edukasi kepada anak remaja dan kaum milenial tentang pentingnya menjaga lingkungan laut.

Kosmas Sapan, dalam pernyataannya, menekankan bahwa laut bukanlah tempat untuk menampung sampah.

Di sisi lain, Pak Baco, sebagai perwakilan nelayan, mengungkapkan rasa terima kasih kepada pihak AP2HI atas rekomendasi Desa Gunung Sari sebagai lokasi kegiatan Hari Sampah untuk clean beach ini.