Tiga Siswa Sanpio Lewoleba Raih Juara di OSN Kabupaten dan Provinsi

Reporter: Teddi LEditor: Tim Redaksi
Poros NTT News
Keterangan : Tiga sisw SMPK Santo Pius X Lewoleba juara pada OSN tahun 2022.

Lembata,Porosnttnews.com- Tiga siswa SMPK Santo Pius X Lewoleba atau biasa disingkat Sanpio Lewoleba, Kabupaten Lembata sukses meraih juara pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat sekolah menengah pertama (SMP) tahun 2022.

Adalah Maria Barek Wolor, siswi kelas IX sukses meraih juara I pada lomba mata pelajaran IPA tingkat kabupaten, Namesio Sendi Baku Kia Duan siswa kelas IX dapat peringkat II mata pelajaran Matematika serta Bernadino Aryanto Lau Ladoangin siswa kelas IX berhasil sabet peringkat I mata pelajaran IPS sekaligus meraih juara IV untuk mata pelajaran yang sama di tingkat provinsi NTT.

Swipe up untuk membaca artikel

Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah pertama ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) melalui Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada tanggal 28 sampai 29 Juli 2022.

OSN ini diikuti oleh 11.812 peserta dari ribuan sekolah di Indonesia dan sebanyak tiga siswa SMPK Santo Pius X Lewoleba sukses masuk dalam daftar sepuluh besar juara.

Baca Juga :  Farida Lakukan Gebrakan Baru di SLBN Nusa Bungtilu

Prestasi dari ketiga siswa ini membuat nama SMPK Santo Pius X Lewoleba semakin populer di kancah provinsi.

Kesuksesan tiga siswa ini berkat dukungan dan dampingan para guru sebelum mengikuti lomba.

Pihak sekolah juga bakal memberikan reward kepada para juara yang sudah mengharumkan nama lembaga.

Ketiga siswa ini mengaku bangga atas pencapaian yang mereka peroleh. Demikian juga dengan guru pendamping mereka, antara lain Yuliana Gelu Waleng, S.Pd sebagai pendamping Mata pelajaran IPS, Filomena Mole Kamalera, S.Pd sebagai pendamping mata pelajaran Matematika, Emanuel Jawa Kian, S.Pd dan Mariana Peni Manuk, S.Pd sebagai pendamping mata pelajaran IPA.

“Saya sebagai pembimbing tentunya bangga dengan perjuangan dan pencapaian ini, mereka sangat luar biasa karena tetap semangat mengikuti proses bimbingan maupun lombanya,” terangnya.

“Keterbatasan waktu tidak menjadi penghalang semangat mereka untuk terus belajar. Prestasi mereka ini menunjukan bahwa walaupun dalam suasana pandemi COVID-19 mereka masih punya semangat belajar. Semoga prestasi ini terus ditingkatkan pada kesempatan-kesempatan berikutnya,” sambungnya.

Baca Juga :  Sekitar 16 Guru di PHK, Rafael Ama Raya sebagai Kuasa Hukum

Suster Mary Grace, CB, S.Pd, Kepala Sekolah SMPK Santo Pius X Lewoleba pun menaruh bangga serta bahagia.

“Saya sebagai kepala sekolah bangga atas prestasi yang diraih oleh mereka bertiga. Meskipun bimbingan belajarnya dan pelaksanaan OSN nya pada masa liburan” ungkapnya.**