Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Berkaitan dengan 4 Pilar Kebangsaan,Siswa SMKS Trikari TTU Diberi Pemahaman

Poros NTT News
Foto bersama setelah kegiatan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di SMKS Trikari Nian, kecamatan Miomaffo Barat kabupaten TTU (dok.David).

TTU,PRS – Sebagai generasi penerus Bangsa, siswa siswi wajib memahami 4 pilar kebangsaan Indonesia.

Karena itu para siswa harus belajar atau mengikuti sosialisasi yang berkaitan dengan 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ).

Hal tersebut disampaikan kepala sekolah menengah kejuruan ( SMK Trikari ) Yuven Metkono, S.Pd kepada media Poros NTT pada hari Jum’at tanggal 23 Juni 2023.

Yuven menjelaskan hari ini kami dari SMK Swasta Trikari Nian kabupaten TTU, mengikuti sosialisasi 4 pilar kebangsaan yang diselenggarakan oleh anggotaMPR DPR-RI Yohanes Fransiskus Lema, S.Ip, M.Si.

Hadir pada sosialisasi tersebut seluruh siswa dan tenaga pendidik berjumlah 103 orang, yang terdiri dari 17 orang tenaga guru,dan 85 orang siswa.

Hadir pula tim dari pak Ansy Lema, yaitu Chico, Yanu, Veronika Lelan, dan Marselinus Banu dari UNIMOR Kefamenanu.

Kepada media Poros NTT.Com Yuvensius Metkono mengatakan dirinya selaku kepala sekolah, menyambut baik sosialisasi yang diselenggarakan oleh anggota MPR dan DPR RI Yohanes Fransiskus Lema, sekaligus sebagai Nara sumber utama pada kegiatan hari ini, secara virtual.

Baca Juga :  Dukung Pemilihan Umum Damai Tahun 2024 Melalui Diskusi Implementasi Kebhinekaan

Yuven menambahkan tujuan dari sosialisasi ini, adalah agar semua siswa dan peserta, dapat memahami dan mengerti serta dapat melaksanakan 4 pilar tersebut, karena sebagai warga Negara Indonesia, wajib dan harus kita tetap berada pada bingkai 4 pilar ( Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika ).

Menurut Yuven kegiatan ini, sangat cocok diikuti oleh seluruh generasi muda, sebagai generasi penerus Bangsa,sehingga memiliki pemahaman, pengetahuan dan prinsip untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta kedaulatan NKRI, tutur Yuven.

Karena Itu Yuven mengharapkan pada pak Ansy Lema, sebagai legislator asal NTT agar kegiatan seperti ini, dapat dilaksanakan secara terus menerus, sehingga seluruh komponen Bangsa terutama generasi muda di kabupaten TTU, dapat mengerti tentang manfaat, arti dan tujuan dari Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika, imbuhnya.

Sementara itu, anggota MPR dan DPR RI Ansy Lema mengatakan melalui 4 pilar, kita bangsa Indonesia dapat bersatu, hidup damai, rukun,sejahtera dan saling menghargai satu dengan yang lain.

Politikus PDIP ini, menjelaskan kita bangsa Indonesia dengan jumlah penduduk kurang lebih 280 an juta jiwa ini adalah majemuk dan beragam dalam berbagai hal seperti Suku, Agama, Ras, golongan, budaya, bahasa dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Kepsek Wemvrid Boimau, Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 7 Kupang  Siswa Lebih Gampang Temukan Keahlian

Karena itu Ansy Lema mengatakan, melalui 4 pilar ini, kita akan tetap hidup rukun, damai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, maka pentingnya generasi muda untuk mengerti dan memahami arti,manfaat dan tujuan dari ke – 4 pilar tersebut, pinta anggota komisi IV DPR RI dari Daerah Pemilihan NTT II ini.

Karena suatu saat nanti, generasi muda akan tampil sebagai pemimpin dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, jelas Ansy Lema.

Reporter: David Neno Naisali