Daerah  

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi UMK Selesai Kuliah Studi Lapangan di Desa Poto

Poros NTT News

Kupang,PRS – Sebanyak 189 mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK) angkatan 2023.

Telah sukses menyelesaikan Kuliah Studi Lapangan (KSL) selama 2 hari 1 malam di Desa Poto, Kecamatan Fatuleu Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu sampai Minggu, 13 S.&14 Januari 2024, dengan tujuan mengasah kemampuan mahasiswa melalui observasi langsung di lapangan.

KSL merupakan bagian integral dari kurikulum Pendidikan Sosiologi UMK, dimana kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk mengembangkan kemampuan akademis mahasiswa, tetapi juga melatih tanggung jawab dan disiplin dalam diri mereka.

Berbagai aspek kehidupan masyarakat Desa Poto menjadi fokus utama observasi, termasuk adat istiadat, budaya, kebiasaan, serta cara hidup masyarakat lokal.

Selama KSL, para mahasiswa dibagi dalam kelompok-kelompok dan diwajibkan untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat lokal.

Melalui sesi tanya jawab dan wawancara, mereka berhasil mengumpulkan informasi penting mengenai pengelolaan lahan pertanian, wisata, adat istiadat, dan mayoritas pencarian masyarakat Desa Poto.

Tidak hanya berfokus pada observasi, mahasiswa juga menjelajahi destinasi wisata sekitar Desa Poto, seperti Pantai Barate dan Pantai Fautkolo.

Baca Juga :  Masa Pengabdian Kapolsek Insana Lakukan Baksos di Panti Asuhan SMB

Kunjungan ini tidak hanya memberikan mahasiswa pengalaman praktis, tetapi juga mendukung pariwisata lokal.

Bapak Idris, S.Sos., M.Si., salah satu dosen pengasuh mata kuliah, dan Bapak Amirullah Datuk, S.Pd., M.Pd, Dosen Prodi Pendidikan Sosiologi UMK, bersama dengan beberapa dosen lainnya, turut mendampingi mahasiswa selama kegiatan observasi.