Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Begini Peneliti Kimia di UNIMOR Mengolah Air Laut menjadi Air Tawar

Poros NTT News

TTU,PRS– Program Studi Kimia Universitas Moresby (UNIMOR) berhasil Kuliah Lapangan menyuling air laut menjadi air tawar di Desa Kenebibi Jumat, 2 Juni 2023

Bapak Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat yang telah memberikan alat penyulingan ini menjadi solusi bagi masalah kelangkaan air bersih yang melanda beberapa daerah termasuk di Desa Kenebibi.

Gaudensius Kristoforus Siki seorang Mahasiswa dalam giat ini, mengatakan Program Studi Kimia UNIMOR telah berhasil merancang proses penyulingan yang efisien dan efektif untuk mengubah air laut yang melimpah menjadi sumber air tawar yang aman untuk dikonsumsi dan juga untuk memenuhi tugas kuliah membran.

Lebih lanjut ia menjelaskan merancang proses penyulingan yang efisien dan efektif untuk mengubah air laut yang melimpah menjadi sumber air tawar yang aman untuk dikonsumsi. Proses tersebut melibatkan penerapan teknologi terbaru dan bahan kimia yang ramah lingkungan.

Metode yang dikembangkan oleh para peneliti ini menggabungkan beberapa teknik yang telah ada sebelumnya dengan pendekatan inovatif yang memastikan kualitas air yang dihasilkan memenuhi standar kesehatan dan keselamatan yang ketat.

Baca Juga :  Universitas Muhammadiyah Kupang Laksana Ibu Kandungmu yang Melahirkan Kamu

Selain itu, proses penyulingan ini juga memiliki tingkat efisiensi yang tinggi, sehingga dapat menghasilkan air tawar dalam jumlah yang cukup besar dengan biaya yang lebih rendah.

Martha Irmina Mellu pun menyampaikan terima kasih kepada Bapak Dosen Pengampu Mata Kuliah Matius Stefanus Batu S.P.d M.Si yang telah memberikan ruang dan waktu untuk mengabdi bersama masyarahkat mengetahui proses penyulingan air  laut menjadi air tawar.

Ia menjelaskan salah satu peneliti utama di Program Studi Kimia UNIMOR, menjelaskan bahwa penelitian ini merupakan hasil kolaborasi antara para ahli kimia, ahli teknik, dan ahli lingkungan.