Daerah  

PD BPAN FBT Berharap  Polsek Kewapante  Segera Selesaikan Persoalan Anis Suban

Reporter: StefendEditor: Tim Redaksi
Poros NTT News

Maumere,Porosnttnews.com-Pengurus Daerah Barisan Pemuda Adat Nusantara (PD BPAN) Flores Bagian Timur menyesalkan tindakan pembiaran yang dilakukan oleh Polsek Kewapante atas peristiwa yang menimpa saudara Anis Suban selaku Ketua PD BPAN,  Jumad,19/08/2022.

Hingga ungkapan Adrian Lawe cukup kecewa dengan tindakan Polsek Kewapante yang terkesan membiarkan pengaduan persoalan utang piutang yang dialami oleh saudara Anis sebagai pelapor dan saudara (S) sebagai terlapor berlarut- larut tanpa ada ruang mediasi. Padahal pengaduan ini sudah dilakukan 3 kali di Polsek Kewapante.

Swipe up untuk membaca artikel

Pada hal berdasarkan Undang-Undang nomor 30 tahun 1999 dan Surat Kapolri no 8/2009 tentang Alternatif penyelesaian sengketa di luar persidangan sudah memberikan dasar hukum dan mekanisme kerja yang jelas kepada penegak hukum untuk menyelesaikan setiap persoalan yang muncul baik pidana maupun perdata yang dapat menganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

Permohonan mediasi ditingkat Polsek dilakukan karena terlapor sudah seringkali membohongi pelapor dan tidak koperatif dalam penagihan utang piutang (wanprestasi). Persoalan utang piutang ini sudah di proses di tingkat RT namun tidak ada hasilnya.

Baca Juga :  Menyongsong Hari Bhakti Adyaksa ke 62, Kejari TTU Lakukan Ziarah ke TMP

Untuk menghindari tindakan yang dapat menganggu keamanan dan ketertiban di masyarakat kemudian terlapor masih ada hubungan kekeluargaan dengan pelapor, kami mengadukan hal ini ke pihak berwajib untuk dimediasi.

Kami berharap, Polsek Kewapante segera memediasi persoalan ini sehingga pelapor maupun terlapor mendapatkan rasa keadilan sama di depan hukum. Karena setiap warga negara mempunyai hak dan kedudukan yang sama di depan hukum, ungkapnya.**