Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Isu-isu Hangat dalam Hukum Kepentingan Asia dan Afrika: Sorotan Sesi AALCO ke-61 di Indonesia

Poros NTT News
Indonesia bersiap menjadi tuan rumah sesi tahunan ke-61 Asian-African Legal Consultative Organization (AALCO) yang akan diselenggarakan di Bali.

Kupang, PRS – Indonesia bersiap menjadi tuan rumah sesi tahunan ke-61 Asian-African Legal Consultative Organization (AALCO) yang akan diselenggarakan di Bali pada tanggal 15 hingga 20 Oktober 2023. Acara tersebut direncanakan akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

AALCO adalah forum konsultasi bagi negara-negara Asia dan Afrika untuk mencapai kesepahaman dalam menghadapi berbagai isu hukum serta untuk memperjuangkan kepentingan bersama di kawasan Asia dan Afrika.

Poros NTT News

Forum ini pertama kali dibentuk setelah Konferensi Asia-Afrika tahun 1955 di Bandung, dengan Indonesia yang saat itu dipimpin oleh Presiden Soekarno sebagai salah satu penggagasnya.

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, yang menjabat sebagai Presiden Konferensi AALCO, menjelaskan bahwa sesi tahunan ke-61 ini akan membahas sejumlah isu hukum yang menjadi kepentingan bersama, termasuk lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan, hukum laut, Palestina, hasil kerja Komisi Hukum Internasional, kejahatan siber, hukum luar angkasa, serta hukum dagang dan investasi internasional.

“Pembahasan atas isu-isu yang telah diagendakan akan menghasilkan pandangan bersama di antara anggota AALCO.

Baca Juga :  Pamit Terakhir Yohanes Sason Helan di Desa Oinbit, Kabupaten TTU

Pandangan ini akan menjadi kontribusi penting pada pertemuan internasional, termasuk di Perserikatan Bangsa-Bangsa,” ungkap Yasonna pada Kamis (28/09/2023).

Selain agenda utama, Konferensi AALCO di Bali juga akan menyelenggarakan serangkaian side events, seperti business forum untuk mempromosikan investasi di Indonesia, serta diskusi di bidang Hukum Humaniter Internasional.